ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA MANIK-MANIK DI KECAMATAN KESU’ KABUPATEN TORAJA UTARA

Authors

  • Yohanis Lotong Ta’dung Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Friscilia Filadelvia Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimas.v2i1.237

Keywords:

Financial Management, Manik-manik, Kecamatan Kesu

Abstract

Persoalan dalam penelitian adalah bagaimana pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh Usaha Manik-Manik di Kecamatan Kesu’ Kabupaten Toraja Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan, mencakup perencanaan, pencatatan, pelaporan, dan pengendalian.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan ialah data primer yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan melalui wawancara dengan informasi yang berkaitan dengan masalah penelitian dan data lainnya yang berhubungan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pengelolaan Keuangan Usaha Manik-manik Di Kecamatan Kesu’ Kabupaten Toraja Utara tidak menerapkan pengelolaan keuangan yang terdiri dari perencanaan, pencatatan, pelaporan, dan pengendalian.

 

 

References

Agustinus, John. 2016. “Pengelolaan Keuangan yang Efektif dan Efisien dalam Meningkatkan Kekuatan Ekonomi bagi Masyarakat Papua dan Papua Barat di Indonesia.” Jurnal Aplikasi Manajemen 14(4):727–34. doi: 10.18202/jam23026332.14.4.13.

Andasari, Pipit Rosita. 2018. “Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil.” STIE Asia Malang 12(1).

Astuty, dan Henny S. 2019. Praktik Pengelola Keuangan Wirausaha Pemula. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Cahyani, Bella Eka. 2020. “Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus Pada Paguyuban Keramik Dinoyo Malang).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.

Endiraras, Dharma. 2010. “Akuntansi dan Kinerja UMKM.” Jurnal Ekonomi Bisnis 15(2).

Handayani, Fitri. 2021. “Analisis Pengelolan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Layz Cake And Bakery.” Repository STIE Indonesia Jakarta.

Hartati, sri. 2013. Manajemen Keuangan Untuk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Husnan, Suad. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Empat. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Kabuhung, Merystika. 2013. “Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Untuk Perencanaan Dan Pengendalian Keuangan Pada Organisasi Nirlaba Keagamaan.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Kasmir. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan: Edisi Kedua. Prenada Media.

Kurniati, Edy Dwi. 2015. Kewirausahaan Industri. Deepublish.

Kuswadi. 2013. Cara Memahami Angka dan Manajemen Keuangan Bagi Orang Awam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nurul, Fadli. 2018. “Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah).” Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam- Banda Aceh.

Octaviani, Made Sita Diaz. 2018. “Analisis Pengelolaan Keuangan UMKM Dalam Upaya Pembinaan Kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Kelas II B Negara.” 9(2).

Purba, Dewi Suryani, Ardhariksa Zukhruf Kurniullah, Astri R. Banjarnahor, Erika Revida, dan Sukarman Purba. 2021. Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Purwanti, Endang. 2018. “Analisis Pengetahuan Laporan Keuangan Pada UMKM Industri Konveksi Di Salatiga.” Among Makarti 10(2). doi: 10.52353/ama.v10i2.152.

Sudianto, Suyatni, dan Mulyadi. 2021. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Sulistyowati, Chorry, Elva Farihah, dan Okta Sindhu Hartadinata. 2020. Anggaran Perusahaan Teori dan Praktika. Surabaya: SCOPINDO Media Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Bab 1 (ketentuan umum)

Downloads

Published

2023-02-27