Analisis Faktor Kepuasan Pengguna Gopay dalam Digital Financial Management

Authors

  • Lina Fatimah Lishobrina Telkom Purwokerto
  • Maliana Puspa Arum Telkom Purwokerto
  • Chusnul Maulidina Hidayat Telkom Purwokerto
  • Livia Irene Widianty Telkom Purwokerto
  • Graciela Putri Wengkau Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimas.v2i1.219

Keywords:

Go-Pay, e-wallet, Customer Satisfaction, Digital Financial Management

Abstract

Perkembangan teknologi untuk digitalisasi berdampak pada sistem pembayaran, analisis untuk situasi masalah yaitu memeriksa kualitas e-wallet Go-Pay dalam berbagai aspek, urgensi kegiatan yaitu untuk mengetahui apakah Go-Pay bagus produk e-wallet, tujuannya yaitu untuk mengetahui kualitas e-wallet Gopay, Dalam penelitian ini, selain teknik metodologi, dilakukan pencarian literatur pada perpustakaan untuk memperoleh informasi. Prosedur pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan cara mengurangi data dan menggunakan sumber data yang sudah tersedia, dan penarikan kesimpulan yang etis dan logis. Terdapat tabel hasil, pembahasan, dan dampak dari beberapa jurnal yang membahas tentang Go-Pay. Keunggulan Go-Pay inilah yang mendorong pengguna Gojek untuk menggunakannya. Ketertarikan menggunakan sistem pembayaran digital Gopay juga dipengaruhi oleh utilitas yang dirasakan dan kenyamanan penggunaan. Tingkat dalam mempermudah dan keuntungan menggunakan aplikasi Go-Pay juga mempengaruhi minat pengguna Indonesia. Dari hasil dan pembahasan jurnal tersebut, disimpulkan bahwa GOPAY memiliki brand image dan kualitas aplikasi yang baik sehingga mempengaruhi kepuasan dan niat untuk terus menggunakan aplikasi tersebut. Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen saat menggunakan dompet Go-paye sangat penting dalam menentukan kepuasan pelanggan.

References

Achadi, A., & Winarto, H. (2020). “Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Resiko dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Layanan Go Pay pada Pelanggan Gojek”. Majalah Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 17, No. 1, Hal. 1

Anifa, F., Anisa, A., Fadhila, N., & Prawira, I. F. A. (2020). Tingkat Kemudahan dan Manfaat pada Penggunaan Layanan Go-Pay bagi Minat Pengguna di Indonesia. Organum:Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 37-49.

Aulia, S. (2020). Pola perilaku konsumen digital dalam memanfaatkan aplikasi dompet digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311-324.

Latief, F., & Nur, Y. (2019). Technology Acceptance Model (Tam) terhadap minat konsumen sistem pembayaran Gopay pada layanan Gojek. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 2(2), 1-11.

Lishobrina . Lina Fatimah. 2020. Pengaruh Customer Relationship Management Melalui Customer Satisfaction Terhadap Repeat Purchase Pada Coffee Shop Starbucks Di Kota Bandung. Bandung. Telkom University.

Pamudji, D. D., & Rizal, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada E-wallet GOPAY. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 582-592.

Pamungkas, R. P., Jhoansyah, D., & Komariah, K. (2023). Analisis Persepsi Manfaat Dan Faktor Sosial Terhadap Minat Dalam Menggunakan Aplikasi Go-Pay. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 341-349.

Putra, F. M. A. (2020). Pengaruh Kualitas Aplikasi Go-Pay terhadap Niat Terus Menggunakan Aplikasi dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel mediasi (Kasus di Yogyakarta) (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Suherlan, P. R. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG DI PERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA E-WALLET GO-PAY (Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).

Situngkir, T. L., Hurriyati, R., & Sultan, M. A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengguna Gojek menggunakan Gopay. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 111-121.

Tony Sitinjak, M. M. (2019). Pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2).

Widodo, J. W. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Loyalitas Pelanggan GoPay/Jose Wylie Widodo/28180352/Pembimbing: Morryessa Brandinie.

Downloads

Published

2023-02-22