Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Pembelian Kembali Di Seporsi Mie Kari Alam Sutera
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimas.v2i1.210Keywords:
Minat Pembelian Kembali, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Restoran Seporsi Mie KariAbstract
Restoran Seporsi Mie Kari yang terletak di Alam Sutera merupakan di provinsi Banten yang merupakan 5 besar provinsi yang memiliki industri penyedia makan dan minum terbanyak, sehingga perlu diperhatikan perilaku konsumen terutama minat pembelian kembali untuk mendapat keunggulan. Selain itu Restoran Seporsi Mie Kari memiliki beberapa ulasan yang buruk mengenai kekecewaan terhadap kualitas produk dan juga banyak ketidakpuasan terhadap pelayanan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap minat pembelian kembali di Seporsi Mie Kari Alam Sutera. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis yang bersifat kausatif dengan dimensi waktu cross sectional , dan juga lingkungan penelitian yang bersifat riil atau non contrived. Teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan merupakan bentuk kuesioner yang berupa jenis electronic and online questionnaires yang berbentuk Google Forms. Ukuran sampel penelitian ini berupa 220 responden yang memenuhi kriteria peneliti. Berdasarkan dari hasil perhitungan yang didapatkan kualitas produk dan kepuasan konsumen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian kembali di restoran Seporsi Mie Kari. Peneliti menyarankan untuk bisa meningkatkan lagi kualitas produk tersebut dan juga melakukan pelatihan dalam pelayanan agar kepuasan konsumen di Restoran Seporsi Mie Kari tersebut meningkat sehingga daya minat pembelian kembali dapat bertahan dan meningkat.
References
Badan Pusat Statistika. (2020). Statistik Penyedia Makan Minum 2020.
Bhudiharty, S., Ratnasari, K., & Waluyo, S. D. (2019). Analisis Potensi Daya Tarik Wisata Gastronomi Di Kawasan Perak Sembilan Glodok, Jakarta Barat. Jurnal Industri Pariwisata, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i2.20
Carolina, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Makanan, Pada Kepuasan Konsumen K-Sushi. AGORA, 7(2).
Dunia Pengertian. (2019). Pengertian Restoran Serta Tujuan dan Jenisnya. https://www.duniapengertian.com/2019/05/pengertian-restoran-serta-tujuan- dan-jenis.html
Fairliantina, E., & Paniroi, J. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian di denny’s restoran Senayan City. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9). https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Hernández-Rojas, R. D., & Alcocer, N. H. (2021). The Role of Traditional Restaurants in
Tourist Destination Loyalty. PLoS ONE, 16(6 June 2021). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0253088
Indra, Sutarno, & Anggraini, D. (2022). Analisis Kualitas Produk Di Bisa Group (SUSHI TEI) Medan. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 246–255. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.589
Johan, I. S., Indriyani, R., & Vincēviča-Gaile, Z. (2020). Measuring Repurchase Intention on Fashion Online Shopping. SHS Web of Conferences, 76, 01015. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601015
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2021). Marketing Management (16th ed.). Pearson. Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal
Nasional Manajemen Pemasaran & SDM e, 2(3), 2745–7257.
Lie, D., Butarbutar, M., Simatupang, S., Efendi, Agustina Damanik, H., & Fernando Silaen, M. (2021). Pengaruh Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2). http://jurnal.stiessultanagung.ac.id/index.php/strategic
One Big Hap. (2022, August 16). Cerita Kuliner - Seporsi Mie Kari. https://www.youtube.com/watch?v=-ZvRm-KAeCQ&ab_channel=OneBigHap
Pradipta, B. S., & Putra, R. I. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Repurchase Intention Pada Produk Alat Berat. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(02).
Pramudita, D. T., Gunawan, N. F., Ningsih, M. C., & Adilah, R. (2022). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Harga dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).
Priyatna, D., Erbi, F., Rohim, R. A., Rianto, A. T., & Narliah, S. I. (2022). Pengaruh Teknologi Bagi Generasi Muda. Kreativitas Mahasiswa Informatika, 3(2), 297–299. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JATIMIKA/article/view/19026/1143 6
Ralahallo, B. A. B. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Kedai Raihan Di Kota Ambon. Hipotesa, 16(1).
Salsabila, C., Umbara, T., & Setyorini, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Produk SOMETHINC. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4).
Santi, E. R., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Dan Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Sate Taichan Banjar D’Licious). In Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan (JSMK) (Vol. 2, Issue 1). http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk
Simanjuntak, S. A. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Pembelian Ulang Iphone.
Sugiyono. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 3rd ed.). ALFABETA, cv.
Susanto, M., & Toton. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang Pada Sate Bang Jack Lampung. SIBATIK JOURNAL | VOLUME, 1(9). https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.242
Tangkilisan, G. P., Handayani, F., Suarayasa, K., & Fitriana, Y. (2022). Perilaku Konsumsi Garam dan Gula Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2020. Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(1), 71–82. https://journal.literasisains.id/index.php/sehatmas/article/download/45/23
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Service ,Quality dan Satisfaction (5th ed.). CV ANDI OFFSET.
Walakula, Y. B. (2020). Analisis Eksistensi Pariwisata Indonesia di Tengah Situasi Pandemi Corona Virus Disease (Covid19). NOUMENA: Jurnal Ilmu Sosial Keagamaan I, I(1). https://travel.detik.com/travel-
Walker, J. R. (2021). The Restaurant : From Concept to Operation (9th ed.). Wiley.
Widagda, I. Gst. Ngr. J. A., Adnyani, I. G. A. D., & Rahmayanti, P. L. D. (2022). Analisis Deskriptif Tentang E-Service Quality, Utilitarian Value, Promosi Penjualan, Kepuasan Konsumen , Dan Niat Menggunakan Kembali. JUPUMI, 1(3). http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php
Yulian, R., & Sumiyati. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Repurchase Intention Pada Konsumen Coffeehouse di Kota Pontianak. Jurnal Produktivitas, 8. www.openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp