Implementasi Rotasi Menu Makanan Indonesia Pada Mata Kuliah Pengolahan Makanan Dasar Program Studi Pengelolaan Perhotelan Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimas.v2i1.209Keywords:
Mata Kuliah Pengolahan Makanan Dasar, Makanan Indonesia, Implementasi Rotasi Menu Makanan Indonesia.Abstract
Pengolahan makanan dasar merupakan salah satu mata kuliah yang ada di program studi pengelolaan perhotelan fakultas pariwisata Universitas Pelita Harapan dimana pada proses pembelajarannya terdapat rotasi menu makanan dari berbagai daerah di mancanegara. Makanan Indonesia memiliki beragam bumbu khas dari setiap daerah di Indonesia. Di mulai dari Aceh sampai Papua. Makanan dari setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri dan membuat daya tarik sendiri bagi wisatawan. Beberapa diantaranya sudah mendunia dan menjadi incaran banyak wisatawan mancanegara. Makanan Indonesia menjadi salah satu rotasi makanan yang dipelajari pada mata kuliah ini. Pengimplementasian rotasi menu makanan Indonesia menjadi fokus dalam penelitian ini, dimana rotasi ini diperlukan dalam mata kuliah pengolahan makanan dasar. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan diikutsertakan uji panelis terbatas padarotasi menu makanan Indonesia yang telah dirancang dapat digunakan untuk bahan ajar mata kuliah pengolahan makanan dasar. Dihasilkannya rotasi menu makanan Indonesia yang baru, dapat menjadi panduan bahan ajar yang digunakan untuk tahun ajaran kedepannya.
References
Ahmad, F. (2022). Pengertian Soup: Bahan-Bahan, Contoh dan Cara Penyajian.
Bakri, B., Intiyati, A., & Widartika. (2018). Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. 169
Muh. Yani Balaka, (2022). Metode Penelitan Kuantitatif (Dr. (c)
Iskandar Ahmaddien, Ed.; Vol. 1). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Siti Hamidah & Kokom Komariah (2018). Resep & Menu (Ika Fatria Iriyanti, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Deepublish.
Garaika, & Darmanah. (2019). METODOLOGI PENELITIAN. CV. HIRA TECH.
Gisslen, W. (2019). Professional Cooking Ninth Edition. George Hoffman.
Hilmi, L., & Sulistiawikarsih. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar
Pengolahan Makanan Kontinental SMK Pencawan School Medan.
I Nyoman Tri Sutaguna. (2017). ADAPTASI BUMBU DASAR MAKANAN TRADISIONAL
INDONESIA PADA INDUSTRI KULINER. 1–4.
*Ida Yustika Siregar, I. F. T. S. M. (2021). Fungsi Sistem Indera Manusia Perspektif Sains
Terintegrasi Al-Qur’an dan Hadits. 6.
Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia. (2021). Buku Pengetahuan Dasar Kuliner. Medco Energy.
Armein Syukri Arbi (2017). Pengenalan Evaluasi Sensori. 1.
Irina, F. (2017). Metode Penelitian Terapan.
KURIKULUM OPERASIONAL. (2020). Lampiran Peraturan Rektor No. 008.002 Tahun
, 49–49.
Nadea Kusumaayu Anugerah, Rani Rahmasari Tanuwijaya, & Saskiyanto Manggabarani.
(2022). Kaitan Variasi Menu, Penampilan, Rasa Makanan dengan Tingkat Kepuasan Karyawan Hotel. 14, 4–4.
Nurdin, & Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. PT. Raja Grafindo
Persada.
Purwanti, H. (2021). Pembelajaran Kreatif pada Praktik Pengolahan dan Penyajian Makanan
Kontinental melalui Metode Demonstrasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 127–136. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.201