Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online Maxim di Yogyakarta

Authors

  • Nadira Salsabilla Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Wina Driyan Pradana Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimas.v3i3.1449

Keywords:

Brand Image, Price, Purchasing Decision, Service Quality

Abstract

Maxim is a Russian online transportation that has developed in Indonesia. The large number of online transportation in Indonesia makes Maxim offer affordable prices with many choices of services  with good quality to attract customer. The study aims to determine the influence of service quality, price, and brand image on purchasing decisions for Maxim online transportation services. Using a quantitative approach, with data sources derived from primary and secondary data. Primary data was obtained by distributting questionnares to respondents. Secondary data sources were obtained from journals and books. The sample collection technique uses non-probability sampling (purposive sampling). The research sample was 168 respondents with the criteria of being students, residing in Yogyakarta, and had used Maxim,s online transportation services at least once. The data was processed using descriptive analysis test methods, instrument tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, and hyphotesis testing with the help of SPSS 27 software. The result showed that serivec quality, price, and brand image influence purchasing decisions for Maxim online transportation services.

References

Cahyono, E. T., & Syahril, M. (2023). Pengaruh Iklan Dan Duta Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Shopee. Gema Ekonomi (Jurnal Fakultas Ekonomi), 12(2).

Damayanti, R. W., & Handayani, M. (2023). Pengaruh Live Streaming Terhadap Customer Churn Pada Tiktok Shop: A Stimulus-Organism-Response Framework. Strata Bussiness Review, 1(2), 222-230.

Dariyanto, A., Ghosin, B. Al, & Rochmah, S. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pelanggan Gojek ). JURA : Jurnal Riset Akuntansi, 1(3), 14–25.

Hulud, S., Arifin, R., & Athia, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Mahasiswa Unisma Pengguna GrabBike di Kota Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 101–115.

Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Winda. Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 128–136.

Malonda, E. K., Massie, J. D. D., Gunawan, E., Malonda, E. K., Massie, J. D. D., Gunawan, E., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Geprek Bensu Di Kota Manado Pada Masa Pandemi Covid-19 Oleh : Jurnal EMBA Vol . 9 No . 4 Oktober 2021 , Hal . 1198. Jurnal EMBA, 9(4), 1198–1207.

Masdianti, (2022). Analisis Brand Image, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Pengguna Roda Dua Aplikasi Jasa Online Maxim Di Kota Tanjungpinang, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Mulyanto, D., Pelayaran, A., & Surakarta, N. (2022). Word Of Mouth, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pengguna Jasa Transportasi Gojek DI Kota Surakarta. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 5(1), 29–34.

Pitaloka, E. S. R., & Wati, K. M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Go Food (Studi pada Mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta). Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 557-567.

Pratiwi, A. (2019). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus 212 Mart Cikaret Pendahuluan Latar Belakang Masalah Perkembangan dan pertumbuhan trend perilaku berbelanja konsumen yang saat ini lebih mengutamakan kepraktisan dan kemudahan , maka timbul. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–159.

Purnama, L., Suyani, T., & Hardipamungkas, N. E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Online Gojek Di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 1858–1358.

Rahmawati, H., & Pradana, W. D. (2024). Perilaku Pembelian Online Konsumen Produk Kosmetik: Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Celebrity Endorsement Di DIY. Jurnal Pijar, 2(4), 366-380.

Ruliyani, H. P., Riyanto, A., Yuliandari, N. K., & Manajemen, P. S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk , Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Obat Pertanian ( Studi Pada Konsumen Toko Giga Tani ). Economics and Digital Business Review, 5(1), 372–384.

Susilowati, I. H., & Utari, S. C. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotek Mama Kota Depok. Juenal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, Vol. 6 No. 1, Maret 2022, 6(1), 2–4.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(021), 113–123.

Utami, M. A. T., & Astuti, M. E. (2023). Pengaruh Brand Image dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Mixue di Daerah Istimewa Yogyakarta. Upajiwa Dewantara, 7(2), 55-64.

Viyani, A. O., Mudiparwanto, W. A., & Siraj, S. A. B. (2023). Mengeksplorasi Legitimasi Atau Adopsi NTF (Non-Fungible Token) Pada Pelaku Ekonomi Di Indonesia Dengan Menggunakan Metode ZMET (Zaltman Metaphor Elicitation Technique). Strata Bussiness Review, 1(2), 231-236.

Wati, K. M. (2023). Analysis of financial statement in measuring the performance of UKM in Mamuju Regency (Case Study on the Al-Kahfi Food Bussiness Group). ProBisnis: Jurnal Manajemen, 14(2), 415-418.

Wati, K. M., & Bantam, D. J. (2023). Identify mitigation levels disaster FES Unjaya students based survey knowledge disaster and extension non-structural mitigation management field. Jurnal Mantik, 7(2), 2685-4236.

Wiguna, E. S., & Nurmahdi, A. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen PT ACL Indonesia). Magister Manajemen Universitas Mercu Buana

Published

2024-08-20