Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Layanan Perjalanan Pariwisata “Abrisam Tour”

Authors

  • Dessy Purnama Sari Universitas PGRI Semarang
  • Sutrisno Sutrisno Universitas PGRI Semarang
  • Rauly Sijabat Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimas.v3i2.1167

Keywords:

Abrisam Tour, MSMEs, Travel agency

Abstract

Currently, MSMEs can use social media as a way to market their goods so that consumers know more about their goods. MSMEs that have online access, engage in social media, and develop e-commerce will usually enjoy significant business benefits in terms of revenue, innovation, and competitiveness. This research uses a qualitative descriptive research method, research informants use purposive sampling, data collection techniques through observation, interviews and documentation, triangulation techniques using time triangulation. Oki Candra Mentari said that after the Covid-19 pandemic, Abrisam Tour Travel Bureau started using social media as a marketing strategy. However, due to the lack of post promotion on social media, this strategy has not been effective. Abrisam Tour uses a strategy that starts by trying to provide professional service to its customers so that they feel satisfied and enjoy their services. This strategy is used through social media, namely WhatsApp and WhatsApp Status and Instagram, to target Outing Class customers, both those who have used Abrisam Tour services before and those who have not. Abrisam Tour strives to provide the best experience to customers by offering high-quality tour packages, adequate facilities and professional services. In addition, Abrisam Tour seeks to increase brand awareness and attract more customers through advertising and branding on social media such as WhatsApp and Instagram.

References

Anggaraini, N. dkk. (2022). Analisis Peran Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT. Jasaraharja Putera. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4254-4262.

Arjang, A., Sutrisno, S, dkk. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Al-Buhuts, 19(1), 462-478.

Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata RI (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram@ Indtravel). E-Proceedings of Management, 3(2).

CHULAIFI, M. I. A. C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umroh dan Haji pada PT. Sebariz Warna Berkah di Surabaya Periode 2017–2018 (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Ervina, H., & Sutrisno, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Digital Pada Home Industry Kopi Sepakung. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1 (6), 855-860.

Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan media sosial instagram pada akun@ yhoophii_official sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41.

Gramedia. (2021). Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Contohnya. Diakses tanggal 12 Desember 2024 dari https://www.gramedia.com/literasi/strategi-pemasaran/.

Hastuti, AP (2017). Analisis pengaruh media sosial instagram terhadap pembentukan brand attachment (Studi: Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Disertasi Doktor, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80-101.

Kamilla, A. M., & Hasanah, R. U. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Media Sosial Instagram Pada Aktifitas Digital Public Relations Dalam Meningkatkan Customer Trust Online Shop@ Lessa. Id. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(2), 308-317.

Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. C. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).

Mardawani, “Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif”, (Yogyakarta: Deepublish, 2020), hal. 50-52.

Mery, D. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada UMKM Bubur Ayam Tasik di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

RAIHAN, F. Teknik Penjualan Produk Umrah Melalui Pemanfaatan Media Sosial Pada PT Rafa Lintas Cakrawala Tour Dan Travel Tangerang (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Retnasary, M. dkk. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai strategi digital marketing pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83.

Rolya, VN, Suprida, S., & Anggraini, A. (2023). Hubungan Keaktifan Penggunaan Media Sosial Lingkungan dan Sikap Remaja dengan Pengetahuan Seks Bebas di SMP PG Bunga Mayang Lampung Utara. MAHESA: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Malahayati, 3 (12), 4058-4075.

Saleh, Sirajuddin. Analisis Data Kualitatif. Makassar: Pustaka Ramadhan, Bandung, 2017.

Sukotjo, H., & Radix, S. A. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2), 216-228.

Sutrisno, S., dkk. (2023). Optimalisasi Strategi Manajemen Bisnis di Era Media Sosial: Menghadapi Tantangan Tahun Baru dengan Keunggulan Berbasis Digital. Jurnal Administrasi dan Manajemen Kontemporer (ADMAN), 1(3), 251-257.

Sutrisno, S., dkk. (2023). Optimalisasi Strategi Manajemen Bisnis di Era Media Sosial: Menghadapi Tantangan Tahun Baru dengan Keunggulan Berbasis Digital. Jurnal Administrasi dan Manajemen Kontemporer (ADMAN), 1(3), 251-257.

Sutrisno, S., Ike Susanti. (2024). Optimalisasi Daya Saing Global UMKM melalui Strategi Inovatif Pengembangan Bisnis Digital. Jurnal Administrasi dan Manajemen Kontemporer (ADMAN), 2(1), 307-312.

Published

2024-05-10