Kualitas Pelayanan Dan Kompetensi Pegawai Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara

Authors

  • Andi Murni Universitas Fajar
  • Nurmadhani Fitri Universitas Fajar
  • Mulyadi Hamid Universitas Fajar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimas.v3i1.1057

Keywords:

Service Quality, Employee Competence

Abstract

This research aims to determine the quality of service for employees in Penajam District, North Penajam Paser Regency and determine the competency of employees in Penajam District, North Penajam Paser Regency. The research method used is a qualitative method. The number of informants was 12 people consisting of 6 sub-district officials and 6 community members. The results of the research show that the quality of service for employees in Penajam District, North Penajam Paser Regency is satisfactory and to improve quality you must pay attention to factors inhibiting and supporting public services, paying attention to procedures for providing services to the community. The competency of Penajam District Employees, North Penajam Paser Regency is quite good and must continue to be improved.

References

Afandi, Pandi. (2018). Manajemen Sumberdaya Manusia Teori Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Ali, V., Sasarani, F., & Hernawati, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Koperasi Dan Ukm Kabupaten Konawe. 5(2007), 66–77.

Aria, M., & Atik, I., L. (2018). Tata Kelola dan Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi PT. BAM. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan.

Azmi Fachriyah dan ,Yulyar Kartika Wijayanti, (2021). The Effect of Competency, Compensation and Work Discipline on Employee Performance in Service Division PT. United Motors Center Suzuki Surabaya. Journal of Applied Management and BusinessVolume 2 Issue 1July 2021ISSN: 2745-632831.

Cholisshofi dan Bahiroh, 2021. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), Pengembangan Karir Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Jawa Barat Dan Banten (BJB) Cabang Rangkasbitung

Dkp3a,2023. Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak provinsi kalimantan timur.

Edison, Emron. Yohny anwar, Imas komariyah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Eliyana, A., Ma’arif, S., & Muzakki. (2019). Job satisfaction and organizational commitment effect in the transformational leadership towards employee performance. European Research on Management and Business Economics, 25(3), 144–150. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2019.05.001

Latief, A., Syardiansah, S., & Safwan, M. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan BPJS Kesehatan Cabang Langsa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 52–65. https://doi.org/10.32505/v4i1.1250

Maharani, I., & Efendi, S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Kompensasi, Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2), 49–61. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.505

Martini, Ida Ayu Oka, dkk. (2018). The Influence of Competency on Employee Performance through Organizational Commitment Dimension. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 20, Issue 2.

Pradana Lutfiyanto, R., Huda, N., & Hulmansyah, H. (2020). Pengaruh Pengembangan Karir dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru dengan Organizational Citizenhsip Behavior sebagai variabel mediasi (Study Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan). JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 5(2), 144–172. https://doi.org/10.33476/j.e.b.a.v5i2.1658

Rahadi, 2021. Kompetesnsi sumber Daya Manusia. CV. Lentera Ilmu Madani 2021. Bekasi

Ramli, A. H.,Liana, Y. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Purnama Indonesia Sidoarjo. JOMFekom, 5(1), 153627 .https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2238

Santika, R., Kusuma, A. R., & Utomo, H. S. (2019). STUDI TENTANG PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA.

Sangkala. 2012. Dimensi-dimensi manajemen public. Ombak, Yogyakarta. Santoso, Pandji. 2008, Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance, Bandung: Refika Aditama

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Tahun, R. A., Bunga, M., & Nyoko, A. E. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Perkreditan Rakyat Tanaoba Lais Manekat Kota Kupang. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 7(2), 147-165.

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik Point V A prinsip pelayanan publik

UU No. 7 Tahun 2002 tanggal 10 April 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur

Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan dan penerapan Standar Pelayanan Minimal

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan

Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 tahun 2012

Downloads

Published

2024-02-19