Analisis Struktur Kinerja Dan Konsep Keunggulan Komparatif Industri Di Indonesia

Authors

  • Iqbal Maulana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Marcelly Cessa Manda Sari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Yasin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i3.327

Keywords:

keunggulan komparatif, Struktur kinerja, Industri

Abstract

Prinsip keunggulan komparatif mengatakan bahwa setiap negara atau bangsa seperti halnya orang, akan memperoleh hasil dari perdagangannya dengan mengekspor barang-barang atau jasa yang merupakan keunggulan komparatif terbesarnya dan mengimpor barang-barang atau jasa yang bukan merupakan keunggulan komparatifnya. Menurut hukum keunggulan komparatif, meskipun sebuah negara kurang efisien (memiliki kerugian absolut terhadap) dibanding negara lain dalam memproduksi Struktur kinerja industri dapat diliat pada analisa perilaku industri perilaku pada industri dapat dilihat dari Strategi Harga, Strategi Produk, Strategi promosi, Strategi promosi. Teori keunggulan komparatif penukaran barang berlaku selama barang yang ditukar masih dapat digunakan. Dengan demikian Kinerja merupakan hasil kerja yg dipengaruhi oleh struktur dan perilaku industri dimana hasil biasa diidentikkan degan besarnya penguasaan pasar atau besarnya keuntungan suatu perusahaan di dalam suatu industri. Secara lebih rinci, kinerja dapat pula tercermin melalui efisiensi, pertumbuhan (termasuk perluasan pasar), kesempatan kerja, kesejahteraan personalia, serta kebanggaan kelompok.

References

Ditjenhort. 2001. Kebijakan Strategi dan Pengembangan Produksi Hortikultura: Rencana Strategis dan Program Kerja Tahun 2001-2004. Direktorat Jenderal Bina Produksi Hortikultura. Departemen Pertanian.

Erwidodo.1995. Transformasi Struktural dan Industrialisasi Pertanian dalam Prosiding Agribisnis; Peluang dan Tantangan Agribisnis Perkebunan, Peternakan dan Perikanan. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Hayami, Y. dan M. Kikuchi. 1987. Dilema Ekonomi Desa : Suatu Pendekatan Ekonomi Terhadap Perubahan Kelembagaan di Asia. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta. Kadariah, Lien Karlina dan Clive Gray. 1978. Pengantar Evaluasi Proyek. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi,

Saptana, Sumaryanto, M. Siregar, H. Mayrowani, I. Sadikin, dan S. Friyatno. 2001. Analisis Keunggulan Kompetitif Komoditas Unggulan Hortikultura. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian.

Saptana, Tri Pranadji, Syahyuti, dan Roosgandha E. M. 2003. Transformasi Kelembagaan Tradisional Untuk Menunjang Ekonomi Kerakyatan di Pedesaan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Downloads

Published

2023-06-03

How to Cite

Iqbal Maulana, Marcelly Cessa Manda Sari, & Muhammad Yasin. (2023). Analisis Struktur Kinerja Dan Konsep Keunggulan Komparatif Industri Di Indonesia . Student Research Journal, 1(3), 162–167. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i3.327

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)