Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Mutiara Sawit Lestari

Authors

  • Rahayu Amalia Universitas Potensi Utama
  • Nahar Maganda Saragih Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.193

Keywords:

Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai, PT. Mutiara Sawit Lestari.

Abstract

Mutiara Sawit Lestari adalah perusahaan yang bergerak di bidang pabrik kelapa sawit yang berlokasi di Gampong Keubon Teumpeun Kecamatan Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh. Kantornya itu sendiri berada di Jalan Gatot Subroto, Medan. Masalah yang terjadi adalah tidak semua faktor lingkungan kerja terpenuhi salah satunya suhu udara dan suara bising, sehingga lingkungan kerja belum sepenuhnya nyaman yang menyebabkan kinerja belum maksimal. Permasalahan yang terkait dengan disiplin kerja yaitu tidak memiliki tujuan dan kemampuan kerja, tidak mendapatkan teladan pemimpin, faktor balas jasa, tidak mendapatkan keadilan dan tidak terdapat ketegasan kerja. Sehingga disiplin kerja belum sepenuhnya terpenuhi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan nilai Fhitung > Ftabel dan nilai signifikan < 0,05 artinya secara bersama-sama Lingkungan Kerja (X1) dan Disiplin Kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y). Berdasarkan hasil uji SPSS pada data Anova dalam kolom R Square = 0.791, maka seluruh variabel berpengaruh terhadap Variabel Kinerja Pegawai sebesar 79.1% dan sisanya yaitu 20.9% dipengaruhi oleh Variabel lain di luar persamaan regresi ini atau Variabel yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel yang ditentukan sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawai.

References

Agustini, F. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: UISU Press.

Asfar, A. H., & Anggraeni, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Serang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17-29.

Darmadi. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Indomaret Cabang Kelapa Dua Gading Serpong Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, 240-247.

Farida, U., & Hartono, S. (2016). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia Ii . Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo Press.

Fiqi, M. A. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. TIARA ABADI PAMEKASAN. Journal of Islamic Economic and Social, 215-250.

Hani, H. T. (2015). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Nurkocim, & Nurlaila. (2016). Pengaruh Pengawasan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Sinergi, 28-40.

Primanto, A. (2020). Pengaruh Pengawasan Kepala Dinas Dan Disiplin Pegawai Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Magister Ilmu Administrasi, 1-10.

Puspitasari, Y. M., & Ningsih, L. S. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kencana Kabupaten Jombang. Journal of Business and Innovation Management, 185-198.

Silaen, N. R. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung: CV. Widina Media Utama.

Sururama, Rahmawati, & Rizki, A. (2020). Pengawasan Pemerintahan. Bandung: Cendekia Press.

Tsauri, S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: STAIN Jember Press.

Tyas, R. D., & Sunuharyo, B. S. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt. Pertamina (Persero) Refinery Unit Iv Cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis, 172-180.

Widyaningrum. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Ubhara Manajemen Press.

Yasmeardi, F., & Putri, E. (2019). Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pegawaikantor Camat Kupitan Kabupaten Sijunjung. Jurnal Public Administration,Business dan Rural Development Planning, 8-20.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Rahayu Amalia, & Nahar Maganda Saragih. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Mutiara Sawit Lestari. Student Research Journal, 1(2), 224–249. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.193

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.