Peningkatan Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Pembinaan Supervisi Klinis Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Lempangang
DOI:
https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i1.181Keywords:
Kinerja Guru, Pembelajaran Efektif, Supervisi KlinisAbstract
Pengawasan yang dilakukan oleh kepala madrasah pada pada intinya yaitu melakukan pembinaan, bimbingan untuk memecahkan masalah pendidikan. Fakta dilapangan menunjukan bahwa kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah belum menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi guru. Kegiatan ini justru membuat guru masih takut karena mereka menganggap kegiatan tersebut mencari kesalahan guru. Selain itu, kegiatan supervisi yang dilaksanakan oleh kepala madrasah belum terlihat umpan balik dari pelaksanaan tersebut. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas pembinaan supervisi klinis kepala madrasah upaya meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif pada MTs Muhammadiyah Lempangang tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan kinerja guru terhadap daya serap kelompok pada Siklus I, II, dan III sebesar 72,86%; 82,30%; dan 91,20%. Sedangkan peningkatan kinerja guru terhadap ketuntasan kelompok pada Siklus I, II, dan III sebesar 46,15%; 69,23%; dan 100,00%. Dan peningkatan kinerja guru terhadap daya serap individu pada Siklus I, II, dan III sebanyak 6, 9, dan 13 guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembinaan supervisi klinis kepala madrasah dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif. Selain itu juga, pembinaan supervisi klinis kepala madrasah sangat efektif untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif.
References
Amani, dkk.. (2013). Implementasi Supervisi Klinis dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Proses Pembelajaran pada Guru SD Se-Gugus VII Kecamatan Sawan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurnal Pendidikan Dasar, 3.
Daulae, Tatta Herawati. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Forum Paedagogik, 6 (2): 131-150.
Kemendikbud. (2012). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kompetensi profesionalisme guru. Jakarta: Kemendikbud, Badan PSDMP dan PMP.
Miarso, Yusuf Hadi. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Mulyasa, E.. (2003). Menjadi Kepala madrasah Profesional: dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novianti, Hernia. (2015). Implementasi Supervisi klinis Kepala madrasah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 9 (1): 350-358
Sagala, Syaiful. (2012). Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Selvia. (2015). Implementasi Supervisi klinis Kepala madrasah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 9 (1): 43-49.
Setyosari, Punaji. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1 (1): 20-30.
Sugiyanti & S. Narimo. (2016). Pengelolaan Supervisi klinis oleh Kepala madrasah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Jurnal Managemen Pendidikan, 11 (2): 76-83.
Uno, Hamzah B.. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.