Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas IX MTS Ummi Saodah

Authors

  • Laurina Elysia Br Sembiring STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Syahrul Affan STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.161

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Scramble

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X  MTs Ummi Saodah Desa Kwala Gebang Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak  pokok bahasan Beriman kepada hari akhir kelas X  MTs Ummi Saodah Desa Kwala Gebang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class Action Reasearch) yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X  MTs Ummi Saodah Desa Kwala Gebang dengan jumlah siswa 18 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok pada siklus I sebesar 38%.  berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata kelompok sebesar 88% berada pada kategori baik. Hal inimenunjukkan telah tercapai hasil belajar secara klasikal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkan model pembelajaran scramble pada siswa kelas IX MTs Ummi Saodah  dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar Akidah Akhlak, kehadiran dan keaktifan siswa meningkat.

 

 

References

Ahmad Rifa’I, R. H. (2019). Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai nilaiAkhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 2.

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Bintang, R. (2019). Penerapan Metode Scramble Pada Pembelajaran Akidah akhlak kelas iii madrasah ibtidaiyah radhiatul adawiyah makassar . Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2.

Bintang, R. (2022). Penerapan Metode Scramble Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Radhiatul Adawiyah Makassar. Jurnal Risalah, Vol. 8, No. 2, Juli 2022.

Huda, M. (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada.

Silberman, M. (2020). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yappendis.

Sobri, R. (2019). Politik Dan Kebijakan Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan di Indonesia (Analisis Kebijakan PP No. 55 Tahun 2007) , . Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8 No 1.

Wirda, Y. ( 2020 ). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa . Jakarta : Mitra Ilmu.

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Laurina Elysia Br Sembiring, & Syahrul Affan. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas IX MTS Ummi Saodah . Student Research Journal, 1(2), 29–42. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.161