Implementasi Model Diskursus Multy Reprecentacy (Dmr) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
DOI:
https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.160Keywords:
Model DMR, Kemampuan Berpikir, Kreatif SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Fiqih setelah penerapan Probing Prompting Model’s di kelas VIII MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Research). Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa berjumlah 29 siswa. instrumen dalam peneliti ini adalah lembar observasi dan Tes yang sesuai dengan prosedur penelitian dengan mengamati siklus I dan siklus II. Hasil penelitian bahwa pada siklus I yaitu % (cukup) kemudian menjadi (baik) pada siklus II. Begitu pula pada observasi aktivitas siswa yang semula pada siklus I mencapai skor kemudian meningkat menjadi pada siklus II.Terdapat perbedaan pada kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura antara sebelum dan sesudah dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) hal ini diketahui dari ketuntasan belajar di kelas VIII MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura pada pra siklus adalah hanya mencapai 53,10%. Setelah model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan hal ini dapat dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif pra siklus yang hanya mencapai nilai rata rata 53,10%. (Kurang) dan meningkat pada siklus I menjadi 71,20 % (cukup) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,89 (baik).
References
Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, U. ( 2013). Kreativitas & Keberbakatan. Strategi Mewujudkan potensi kreatif & Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Presindo.
Nurdyansyah, M. (2018). Pendekatan Pembelajaran Sentifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Patton. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya.
RI, D. A. (2019). Al-Qur’an Dan Terjemahan. Bandung : Diponegoro.
Siti Rukiyah, R. W. (2022). Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Dengan Spakol Videoscbe Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika,, Vol. 8, No. 2 h. 32–42.
Sudarma, M. (2018). Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,. Bandung: Alfabeta .