Penerapan Metode Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Authors

  • Maulida Rizky STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Rani Febriyanni STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.159

Keywords:

Metode Think Pair And Share,  Hasil Belajar Siswa

Abstract

Permasalahan penelitian menujukkan bahwa adanya proses pembelajaran yang masih tergolong klasik dan kurang efektif. Selain itu, peran peserta didik masih kurang dimaksimalkan kemudian proses pembelajaran yang berlangsung pada saat pagi dan siang hari ini membuat siswa jenuh dan bosan dengan materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Research). Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa berjumlah 29 siswa. instrumen dalam peneliti ini adalah lembar observasi dan Tes yang sesuai dengan prosedur penelitian dengan mengamati siklus I dan siklus II. Hasil penelitian bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran  fiqih  terutamanya tentang shalat fardu di kelas VII  Mts Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura telah mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil tes pemahaman siswa pada siklus I yaitu 71,80%, dan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 80,92%.Hal tersebut juga didukung dengan meningkatnya antusias dan aktivitas peserta didik dan partisipasinya mengikuti pembelajaran. Adapun nilai aktivitas belajar peserta didik yaitu pada pra siklus nilai rata-ratanya yaitu 58,10%, siklus I nilai rata- ratanya yaitu 73,42%, dan nilai rata-rata siklus II yaitu 83,03%. Motivasi peserta didik dalam bertanya dan menjawab pertanyaan juga meningkat, sehingga menumbuhkan sikap yang kritis, saling menghargai pendapat orang lain dan inovatif dalam mengatasi persoalan yang dihadapi dalam pembelajaran.

 

References

Amiruddin, R. (2016). Media Pengajaran. Jakarta: Dirjen Departemen AgamaAgama Islam .

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Dwitasari, H. C. ( 2019). Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Harisudin, N. ( 2019). Pengantar Ilmu Fiqih . Surabaya: CV. Salsabila Putra Pratama.

Latuheru, J. D. (2017). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar masa kini, . Jakarta: Pustaka Media.

Mu'awanah. (2015). Strategi Pembelajaran, . Kediri: Stain Kediri Press .

Sartika, R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Perkembangan Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV MIN Miruk Taman AcehBesar. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Sartika, R. (t.thn.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada.

Sudirman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 4 No 1.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

syah, M. (2019). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Grup.

Widiawati, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Mitra Ilmu.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Maulida Rizky, & Rani Febriyanni. (2023). Penerapan Metode Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura . Student Research Journal, 1(2), 01–14. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.159

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.