EKSISTENSI SISWA FIL QUR’AN WAL HADITS

Authors

  • Iim Imlakiyah Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi

Keywords:

Eksistensi Siswa, Al Quran, Al Hadits

Abstract

Pedoman hidup manusia di muka bumi ini sejatinya sudah di atur di dalam Al Qur’an dan Hadits sebagai petunjuk mereka selama hidup di dunia yang meliputi berbagai bidang seperti halnya ibadah, pendididikan, social, ekonomi dan lain sebagainya. Dari berbagai aspek yang ada jurnal ini akan fokus membahas pada bidang pendidikan. Di dalam Al Qur’an dijelaskan bahwa pentingnya menuntut ilmu dan menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim. Berkaitan dengan dunia Pendidikan tentu tidak terlepas dari tujuan dan metode pengajaran itu sendiri agar bisa dipahami dan mampu dimengerti peserta didik dengan mudah. Pada hakikatnya berbagai kegiatan dalam pembelajaran merupakan bentuk interaksi timbal balik antara pendidik dan peserta didik. Keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar itu sendiri yang mana ia berperan untuk menyapaikan atau mentrasfer ilmu pengtahuan, kertampilan dan lain-lain. Peserta didik merupakan objek yang menerima pengetahuan itu sendiri dari pendidik. Namum bukan hanya objek semata. Peserta didik pun merupakan komponen yang sangat penting dalam Pendidikan untuk mencapai tujuan tertentu sebagimana yang dicita-citakan secara matang. Melalui kegiatan belajar mengajar inilah peserta didik diharapkan memiliki potensi untuk lebih berkembang menjadi manusia yang memiliki kesadaran belajar untuk lebih kreatif, dinamis dan berakhlakul karimah yang tercermin dalam kehidupan keseharian. Terkait hal tersebut, maka akan dibahas bagaimana eksistensi peserta didik dalam ruang lingkup Pendidikan menurut pandangan Al Qur’an dan Hadits. 

 

References

Abnisa, Almaydza Pratama. 2017. “Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Asy-Syukriyyah 18(1):67–81. doi: 10.36769/asy.v18i1.72.

Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. 2020. “Peserta Didik Dalam Wawasan Al-Qur’an.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam (August):40. doi: 10.47498/tadib.v12i01.329.

Harahap, Musaddad. 2016. “Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam MUSADDAD HARAHAP.” Jurnal Al-Thariqah 1(113):140–55.

Idris, Wonadi, Sekolah Tinggi, Agama Islam, dan Pancawahana Bangil. 2016. “Interaksi Antara Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pandangan Islam.” Study Islam 11(2):132–53.

Kurniawan, M. Agus. 2019. “M.Agus Kurniawan.” 1(02):65–76.

Muvid, Muhamad Basyrul. 2020. “Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits (Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Pendidikan).” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 4(1):1. doi: 10.32332/tarbawiyah.v4i1.1733.

Noer, Muhammad Ali, dan Azin Sarumpaet. 2017. “Konsep Adab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 14(2):181–208. doi: 10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028.

Noor Amirudin, Suaib Muhammad, Samsul Ulum. 2020. “Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits.” TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam /Vol 9, No(2):68–82.

Qowim, Agus Nur. 2020. “Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3(01):35–58. doi: 10.37542/iq.v3i01.53.

Septianti, Ike, Devy Habibi Muhammad, dan Ari Susandi. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Dan Hadist.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 12(02):23–32. doi: 10.36835/falasifa.v12i02.551.

Syaikh, Az-Zarnuji. 2009. “Tarjamah Ta’lim al-Muta’allim.Pdf.” 30.

Ulhaq, Zulvikar S., dan Rahmayanti. 2020. “Panduan Penulisan Skripsi Literatur Review.” Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 53(9):32.

Zahra, D. N., dan N. Aisyah. 2022. “Pembelajaran Model Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Terhadap Kisah Nabi Ibrahim.” QuranicEdu: Journal of Islamic Education 1(2):131–54.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Iim Imlakiyah, & Yayat Suharyat. (2023). EKSISTENSI SISWA FIL QUR’AN WAL HADITS. Student Research Journal, 1(1), 124–140. Retrieved from https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/srj/article/view/152