PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA TOPIK BAHASAN BERBASIS PSIKOMOTOR TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS X DI MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH

Authors

  • Tika Syafya Ananda Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir Iswantir Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ulva Rahmi Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.512

Keywords:

Metode Demonstrasi, Pembahasan Berbasis Psikomotor, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fikih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas X MAN 2 Kota Payakumbuh. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa ada yang tidak mencapai KKM, siswa belum mampu mengaplikasikan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, dan proses pembelajaran diikuti oleh beberapa siswa yang kurang aktif, cenderung diam, melamun, asyik bermain dengan teman sebangku dan bahkan ada yang tidur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode demonstrasi pada topik bahasan berbasis psikomotor terhadap hasil belajar fikih siswa kelas X di MAN 2 Kota Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN 2 Kota Payakumbuh Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir belajar yang berbentuk objektif dengan validitas tes. Analisis tes akhir yang diperoleh bahwa kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah dengan teknik korelasi Pearson Product Moment diperoleh signifikansi 0,5262 ≥ 0,2144 maka dapat disimpulkan Ho  ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas X  di MAN 2 Kota Payakumbuh.

References

Alizamar. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi

Anitah, Sri. 2015. Strategi Pembelajaran, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Yogyakarta; Bumi Aksara

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Bakar, Rosdiana A. 2009. Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Citapustaka Media Perintis

Burhan, M Bungin. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana

Darajar, Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Al-Huda

Direktorat Kskk Madrasah and others. 2019. ‘KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab’

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta

Ecce’. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas VII Pada Pembelajaran Fikih di MTsn Model Palopo

Hadi, Sutrisno. 2004. Metotagi Research Jilid II, cet. V, Yogyakarta: UGM

Handayani, Fitri dan Salmi Wati. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VII Mts S Bawan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, JURNAL INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Vol 1, No 2.

Hasnita. 2021. ‘Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA di Kelas V SDN 347 Lamasi Pantai’

Hermawan. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Universitas Terbuka

Kamal, Muhiddinur, Muhammad Zainuddin bin Arrifaldi, and Muhammad Rezi. 2021 “Fostering Students Creativity in Accademic Writing at Islamic Junior High School Koto Tuo, West Pasaman”, Al-Ta Lim Journal Vol.22, No.1

Koto, Alaiddin. 2004. Ilmu Fikih dan Ushul Fikih. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Madrasah and others. 2019. ‘KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab’

Masganti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing

Moedjiono, Hasibuan. 2008. Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Narbuko, Cholid. 2001. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Dilia Press

Pratama, Andy Riski, et al. "Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi." CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan 3.1 (2023): 16-28.

Ririta, Muhiddinur Kamal, Wedra Aprison, Salmiwati. 2022. Strategi Pembelajaran dalam Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran PAI di SMP N 32 Sijunjung, Jurnal Pendidikan Tambusai Vol.6, No.1

Roestiyah NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sesmiarni, Zulfani. 2014. Kecerdasan Jamak Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol.1, No.2

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tambak, Syahraini. 2014. 6 Metode Ilmiah dan Inovatif Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. 2008. Jakarta: Redaksi Sinar Grafika

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Tika Syafya Ananda, Supriadi Supriadi, Iswantir Iswantir, & Ulva Rahmi. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA TOPIK BAHASAN BERBASIS PSIKOMOTOR TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS X DI MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 87–103. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.512