PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMGAMES TOURNAMENT) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI ELASTISITAS KELAS XI MIPA SMA NEGERI 51 JAKARTA

Authors

  • Raisandy Aziz Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.369

Keywords:

Cooperative Learning, Team Games Tournament, Elasticity.

Abstract

The objective of this research is to analyze the improvement in quality values between classes that use the Cooperative Learning Method tipe TGT (Team Games Tournament) with the DirectInstruction class at Jakarta 51 High School grade XI MIPA conduct research from april until may 2019. This research method used the quantitative research methods type of quasi experimental thatfocus on the mastery of Elasticity concept in science in seeing the influence of cooperative learning models using the TGT type. The results of the study are described using a purposive sampling that compares the differences in 2 (two) classes, namely the experimental class through the Team Games Tournament learning model and the control class through the Direct Learning model in students and then measures the mastery level of Elasticity concept.

References

Al-Tabani, Trianto I.Badar. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. PT Refika

Aditama, hlm. 23-24

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara). hlm 100 dan 208

Cut Rauzah Tinur, 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana kelas VIII di SMPS Babul Maghfirah”. Skripsi Prodi Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry, Darussalam Banda Aceh. hlm 2. diakses dari https://slidedocuments.org/philosop hy-of-the- money.html?utm_source=skripsi- diajukan-oleh-cut-rauzah-tinur-nim- mahasiswa-fakultas-tarbiyah-dan-keguruan-prodi-pendidikan-fisika. Pada tanggal 4 april 2018 pukul 8.00

Dahar, Ratna W. 2006. TEORI–TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN. Jakarta: ERLANGGA. Hlm 63

Dahar, R.W. 1998. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga. Hlm 98

Dahar, R.W. 2003. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Gelora Aksara Prima. Hlm 4-5 Desmita.2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja.

Rosdakarya. Hlm 164 tindak lanjut dari pengalaman belajar yang dilalui (Rusman, 2011).

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Bogor. Hlm 63

Isjoni. 2007. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan KomunikasiAntar Peserta Didik. Pustaka pelajar. Yogyakarta. Hlm 6 dan 51

Kanginan, Marthen. Fisika 2A Untuk SMA Kelas XI.Jakarta:Erlangga. 2007. Hlm.156-157.

Muhammad Daud, 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Movie Maker Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hukum Hooke Di SMAN 1 Lhoknga”.

Skripsi Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar Raniry Darussalam Banda Aceh. Hlm 114-124. diakses dari https://repository.arraniry.ac.id/271/1/SKRIPSI%20DAUD%20pdf.pdf, pada tanggal 10 Februari 2019 pukul 14.00

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Yogyakarta. Hlm 244-245

Pasadea Amalia,2018, “Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar danSikap PesertaDidik Kelas X SMK N 1 Nanggulan”, Skripsi Prodi Pendidikan Fisika UNY, Yogyakarta., Hlm 35.,diaksesdarieprints.uny.ac.id/551 30/1/SKRIPSI%20FULL.pdf.,pada tanggal 1 februari 2019 pukul 21.45.

Purwanto, Erwan Agus., Sulistyastuti, Dyah Ratih. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah- Masalah Sosial. Yogyakarta:Gava Media. Hlm 47

Ruseffendi, 1994. Statistika Dasar Untuk Penelitian Pendidikan. (Bandung: IKIP Bandung Pess). hlm. 132.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Jakarta: Rajawali Pers). Hlm 144-145 dan 224-225.

Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Hlm 71 Sahla Azzariya. 2015. “Bab 2 RPP Elastisitas dan Hukum Hooke” diakses dari www.academia.edu/36488101/BAB_2_RPP_ELASTISITAS_DAN_HUKUM_HOOKE pada 08 februari 2019 pukul 22.10

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Sumber Proses Pendidikan. Jakarta Kencana Slavin. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media. Bandung. Hlm 82,106,107 dan 254

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Raisandy Aziz. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMGAMES TOURNAMENT) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI ELASTISITAS KELAS XI MIPA SMA NEGERI 51 JAKARTA. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 181–188. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.369