Pelaksanaan Supervisi Tenaga Pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul, Muara Enim

Authors

  • Febriyanti Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Zulkipli Zulkipli Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Cyndi Uswatun Chasanah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v1i3.309

Keywords:

Pelaksanaan, Supervisi, Tenaga Pendidik

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Supervisi Tenaga Pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul, Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan”. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan supervisi tenaga pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul serta untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi tenaga pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul, Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi tenaga pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul melaksanakan kegiatan supervisi di tiap awal semester mulai dari melakukan pengarahan dan persiapan supervisi, melakukan pengawasan, pemberian motivasi dan bimbingan terhadap para guru, serta melakukan penilaian dan tindak lanjut terhadap hasil supervisi para guru. Adapun faktor pendukung pelaksanaan supervisi terdiri dari keadaan atau kondisi guru, keahlian dan kecakapan kepala sekolah, serta lingkungan atau budaya sekolah yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan supervisi terdiri dari beban kerja guru dan kepala sekolah, terbatasnya waktu kepala sekolah, dan respon para guru.

 

References

Adisasmita, Rahardjo. (2011). Pengelolaan Pendapata dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fahmi, Cut Nurul, dkk. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Serambi Ilmu Vl-19 No. 2.

Herujito, M Yayat. (2001). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mulyasa. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Professional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purwanto, M. Ngalim. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmaniyah, Nisa, dkk. (2021). Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional: UU RI No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbaran.

Sahertan, Piet A. (2000). Konsep Dasar & Taknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Febriyanti, F., Zulkipli, Z., Cyndi Uswatun Chasanah, & Ibrahim, I. (2022). Pelaksanaan Supervisi Tenaga Pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul, Muara Enim. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 89–97. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i3.309