Audit Kegiatan Humas Pada PT. Adiprima Suraprinta

Authors

  • Anatia Simamora Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rosalinda Manullang Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Pedro Renardo Naibaho Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dyva Claretta Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.283

Keywords:

Audit, Humas, PT. Adiprima Suraprinta.

Abstract

Citra nama baik perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dan dikembangkan untuk mempermudah terbangunnya kepercayaan eksternal dan sehingga terjalin kerjasama yang dibutuhkan demi menunjang kesuksesan perusahaan. PT. Adiprima Suraprinta termasuk dalam anak perusahaan dari Jawa Pos Group. Dengan humas yang masih baru, perusahaan ini juga belum melakukan pembagian tupoksi terkait peran dan fungsi humas. Metode Penelitian yang digunakan peneliti pada riset ini adalah penelitian kualitatif, dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan narasumber dan memberi pertanyaan yang terperinci dan mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  bagaimana dan sejauh apa perkembangan Humas PT. Adiprima Suraprinta melihat dari kegiatan humas yang ada dan bagaimana mereka menjalankan fungsi dan peran humas itu sendiri, khususnya dalam menangani isu dan krisis.  Hasil yang ditemukan peneliti dalam penelitian ditemukan bahwa Humas dari PT. Adiprima Suraprinta terkena isu mengenai kerusakan lingkungan yang diasumsikan diakibatkan oleh kegiatan pabrik yang berlokasi dekat dengan warga. Keberadaan Humas yang baru ini kemudian menjadi perantara dalam menyampaikan informasi dan juga memberikan pengertian kepada masyarakat sekitar. Perusahaan PT. Adiprima Suraprinta kemudian menyadari pentingnya humas setelah perusahaan dilanda isu. Perusahaan perlu mengembangkan fungsi dan tugas dari humas perusahaan Sebaiknya Humas perusahaan berdiri sendiri dan terfokus hanya untuk menjalankan kehumasan agar lebih maksimal.

References

Ardhoyo, T. E. (2013). Peran dan strategi humas (public relations) dalam mempromosikan produk perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(1), 15-21.

Mudiardjo, R., Ariantoro, M. F., Supriyadi, I., Aras, M., & Hidayat, Z. (2022). Public relations strategy in rebuilding Airline Company reputation following aircraft crash. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 399-409.

Silviani, I. (2020). Public Relations sebagai Solusi Komunikasi Krisis. Scopindo Media Pustaka.

Palapah, M. A. O., & Hernawai, R. (2010). Audit public relations: studi komparatif company ideal dan company actual dalam pembentukan citra Unisba.

Nurbaiti, S. R., & Bambang, A. N. (2017, October). Faktor–faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). In Proceeding Biology Education Conference (Vol. 14, No. 1, pp. 224-228).

Lubis, E. E. (2012). Peran humas dalam membentuk citra pemerintah. Jiana (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 12(1).

Andheska, Y. (2016). Model Audit Public Relations Program Publikasi Dan Dokumentasi Guna Membangun Eksistensi Perusahaan (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Komunikasi (UNISBA)).

Satlita, L. (2004). Reposisi Peran dan Fungsi Strategis Public Relations dalam Organisasi. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 4(1).

Asniwaty, B. (2010). Evaluasi Pelaksanaan Corporate Social Responsibility CSR PT. Pupuk Kaltim. Jurnal Eksis, 6(1), 1267-1273.

Safitri, L. N., Kemala, I., & Aslati, A. (2019). Manajemen Krisis Public Relations PT. Indah Kiat Pulp And Paper TBK (IKPP) Perawang Terhadap Berkembangnya Isu Pencemaran Lingkungan. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 1(1), 29-36.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Anatia Simamora, Rosalinda Manullang, Pedro Renardo Naibaho, & Dyva Claretta. (2022). Audit Kegiatan Humas Pada PT. Adiprima Suraprinta. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 96–108. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.283