Sosialisasi Dan Pelatihan Membatik Untuk Peningkatan Kapasitas Perempuan Di Kota Palembang

Authors

  • Sri Porwani Politeknik Darussalam
  • Yohanes Susanto Universitas Bina Insan
  • RA Zubaidah STIE Trisna Negara
  • M Bambang Purwanto Universitas Bina Insan
  • Despita Despita STIA Satya Negara

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i2.702

Keywords:

Pemberdayaan Perempuan, Pendidikan nonformal, Keterampilan Membatik.

Abstract

Pengabdian keada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada para pelaku usaha perempuan yang menggeluti kain batik di sentra tenun kota palembang.  Pendekatan pengabdian ini menggunakan metode wawancara, observasi, studi lapangan dan praktek lapangan, Hasil pengabdian ini terkait dengan pemberdayaan perempuan berbasis pendidikan nonformal terdapat beberapa proses mulai dari penyadaran hingga peningkatan minat perempuan untuk terlibat dalam pemberdayaan, proses penyadaran dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, program selanutnya adalah mendrong dan mengajak perempuan untuk berpertisipasi dalam program tersebut dengan mensosialisasikan kepada masyarakat luas, Proses tranformasi pengangetahuan dan keterampilan dilakukan dengan pelatihan sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi perempuan yang diseuaikan dengan kondisi perempuan dan dilakukan dengan metode praktek penyampaian materi membatik yang tujuannya adalah upaya untuk meningkatka kemandirian perempuan dalam pengembangan batik dan sekaligus upaya memperbaiki kualitas produksi batik yang mampu bersaing di pasaran nasional dan internasional.

References

Dewi, R., Hazizah, N., & Muklir, M. (2021). Perempuan Ulee Pulo dan Industri Kecil Batu Bata: Peran Ekonomi Keluarga dan Upaya Pemberdayaan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 2(1), 81–91.

Ernawati, E., & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen pembelajaran program paket C di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71.

Fitri, F. (2020). Pelatihan Menjahit dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Perempuan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 11(2), 27–34.

Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2).

Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168.

Mustangin, M., Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234.

Pratama, R. D., Raji, A., Lubis, H. U., & Suyatna, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Rumah Literasi Kreatif di Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Social Development Studies, 2(2), 30–42.

Purwanto, M. B. (2022). PENGEMBANGAN KAIN KHAS KABUPATEN MUSI BANYUASIN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI LOKAL. JURNAL PARIWISATA DARUSSALAM, 1(2).

Putra, W. T. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah. Jambura Journal of Community Empowerment, 69–78.

Samad, M. R. (2021). ANALISIS HUKUM TENTANG PERCERAIAN YANG DISEBABKAN OLEH KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT)(STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA SIDRAP). El-Ahli: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 2(2), 40–54.

Siregar, M. (2017). KEMANDIRIAN PEREMPUAN MELALUI KETERAMPILAN MENJAHIT. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 179–186.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Sri Porwani, Yohanes Susanto, RA Zubaidah, M Bambang Purwanto, & Despita Despita. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Membatik Untuk Peningkatan Kapasitas Perempuan Di Kota Palembang . Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(2), 66–76. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i2.702