Pelatihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru SMKN 7 Yogyakarta

Authors

  • Arif Rahman Hakim Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yolandaru Septiana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Merinda Noorma Novida Siregar Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i2.700

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi guru-guru di SMK Negeri 7 Yogyakarta ialah belum pernah mengikuti pelatihan pengembangan media pembelajaran menggunakan Canva. Media pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah Powerpoint, sehingga perlu adanya pelatihan untuk memberikan alternatif media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Canva. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan guru terampil dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Canva. Pelatihan diselenggarakan dengan ceramah, tanya jawab, dan praktik. Ketercapaian dari kegiatan pelatihan ini meliputi: (1) 90% peserta pelatihan memahami konsep media pembelajaran interaktif, (2) 90% peserta memahami pengembangan media pembelajaran interaktif, (3) 90% peserta menguasai materi pelatihan dnegan baik, (4) peserta mengumpulkan hasil media pembelajaran interaktif menggunakan Canva yakni terdapat 21 media pembelajaran interaktif berupa presentasi dengan Canva yang dibuat oleh peserta.

References

Herliandry, Luh Devi., dkk. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Rahmatullah, dkk. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Arif Rahman Hakim, Yolandaru Septiana, & Merinda Noorma Novida Siregar. (2023). Pelatihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru SMKN 7 Yogyakarta . Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i2.700