EDUKASI PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEJAK DINI MELALUI KEGIATAN PEDULI SAMPAH DI DESA MARUYUNGSARI

Authors

  • Rianti Rianti STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Roy Dwi Cahyo STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Peni Zulianti STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Sais Amarulloh STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Latipatul Hasanah STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Dewi Latifah STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Ela Puspitasari STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Yusup Permana Sidik STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Putri Hilyatul Umah STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Solihatun Mufidah STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Yeti Puspitasari STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Iis Rianti STITNU Al-Farabi Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i2.699

Keywords:

peduli lingkungan, pengelolan sampah, anak SD dan TK, masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran peduli lingkungan warga Desa Maruyungsari akan pentingnya pengelolaan sampah sekaligus menanamkan karakter peduli lingkungan tersebut ke anak-anak supaya generasi mendatang menjadi generasi yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dari pembuangan sampah sembarangan. Selain itu, kegiatan ini juga menambah pengetahuan bagi orang tua, para kader desa, para guru, masyarakat serta anak-anak sekolah. Metode yang digunakan adalah pengabdian masyarakat berbasis participatory action research (PAR), dengan cara melakukan koordinasi terlebih dulu dengan Kepala Desa beserta Sekretaris Desa Maruyungsari terkait pelaksanaan program serta peserta yang akan menjadi sasaran dari program ini, kemudian melakukan observasi lingkungan dan warga sekitar sekaligus silaturahmi, kegiatan edukasi peduli lingkungan dengan memaparkan materi di Aula Desa, selanjutnya berkunjung ke sekolah untuk melakukan kegiatan peduli lingkungan ke anak-anak sekolah dengan memberikan cerita dan reward. Hasil dari kegiatan ini, para warga serta anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan dan mereka berupaya untuk mewujudkan lingkungan menjadi bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan, sekaligus menanamkan nilai karakter peduli lingkungan dengan keluarga di rumah.

 

References

Aliyah, Siti, and Mufid. “Pemanfaatan Sampah Sebagai Alat Peraga Edukatif Bagi Siswa-Siswi PAUD” 1, no. 1 (2016): 69–75.

Feronika, F, R Marmawi, and D Miranda. “Peran Orang Tua Dalam Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Pada Anak Usia Dini Di Desa Arang Limbung Kabupaten Kubu Raya.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan 10, no. 9 (2021): 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49413.

Gunarsa, S. Psikologi Praktis: Anak, Remaja, Dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia, 2004.

Hansen, Hansen, and Ratna Yuliawati. “Pendidikan Kesehatan Pengelolaan Sampah Sejak Usia Dini Di SDN 015 Samarinda Ulu.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 10, no. 2 (2019): 234. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3316.

Jayawardana, H. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Ekologis.” Symbion (Symposium on Biology Education) 5726 (2016): 49–64. http://symbion.pbio.uad.ac.id/prosiding/prosiding/ID_276_Hepta_Revisi_Hal 49-64.pdf.

Lando, Asiyanthi Tabran, Abdul Nasser Arifin, Irwan Ridwan Rahim, Kartika Sari, Ibrahim Djamaluddin, Annisa Dwi Damayanti, and Anugrah Jihadi. “Sosialisasi Pemilahan Sampah Kepada Siswa Kelas 1 SDIT Ikhtiar - Makassar.” Jurnal Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat 5, no. 1 (2022): 45–59.

Muhtarom, Ali. “Participation Action Research Dalam Membangun Kesadaran.” Dimas 18, no. 2 (2018): 259–78.

Nurcahya M.A., Utami, A.D. & Setiawan, K. “Edukasi Pola Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa SD Islamiyah Warungboto Yogyakarta.” Community Engagement & Emergence Journal 1, no. 2 (2020): 48–57.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Rianti Rianti, Roy Dwi Cahyo, Peni Zulianti, Sais Amarulloh, Latipatul Hasanah, Dewi Latifah, … Iis Rianti. (2023). EDUKASI PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEJAK DINI MELALUI KEGIATAN PEDULI SAMPAH DI DESA MARUYUNGSARI. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(2), 33–42. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i2.699