Pembuatan Dan Penentuan Harga Jual Tempe Mendoan Banyumas Pada Kelompok Dasawisma Kelurahan Meteseh Semarang

Authors

  • Surjawati Surjawati Universitas Semarang
  • Amerti Irvin Widowati Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i2.678

Keywords:

Tempe mendoan Banyumas, Harga jual, Dasawisma

Abstract

Kelompok Dasa Wisma Aster dan Krisan terdapat di wilayah RT 05 RW 13  Perumahan  bukit Kencana Jaya Semarang. Terdapat sekitar 35 ibu- ibu anggota PKK yang tergabung di dua kelompok ini. Dari jumlah tersebut, sekitar 50 persen  adalah ibu rumahtangga  murni yang tidak berprofesi sebagai pencari nafkah . Setelah suami dan anak-anak pergi beraktivitas, dan pekerjaan rumahtangga untuk sementara waktu selesai dikerjakan, ibu-ibu ini memiliki waktu yang cukup luang yang dapat dimnfaatkan supaya menjadi lebih produktif.

Waktu luang yang dimiliki ibu-ibu yang tidak mencari nafkah tambahan, biasanya digunakan untuk bersitirahat tidur siang, menonton TV, ngobrol dengan tetangga, bermain medsos. Tim PKM FE USM menawarkan alternatif kepada ibu-ibu ini untuk belajar membuat tempe mendoan Banyumas dan belajar menentukan harga jualnya. Alternatif ini bisa digunakan untuk memanfaatkan waktu luang ibu-ibu, dan jika mereka berminat untuk menjual tempe mendoan ini, maka peluang pasar masih terbuka lebar, karena di wilayah Bukit Kencana Jaya dan sekitarnya belum ada yang menjual tempe mendoan Banyumas ini.

References

Ikatan Akuntan Indonesia (2019), Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan.Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Mulyadi (2015), Akuntansi Biaya. Penerbit STIE Yogyakarta

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Surjawati Surjawati, & Amerti Irvin Widowati. (2023). Pembuatan Dan Penentuan Harga Jual Tempe Mendoan Banyumas Pada Kelompok Dasawisma Kelurahan Meteseh Semarang . Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(2), 09–14. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i2.678