PELATIHAN DASAR DRAMA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON

Authors

  • Muslim Muslim Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rahmat ramadhan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ersa Damayanti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Diceng Diceng Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v1i4.469

Keywords:

Pelatihan Dasar, Drama, Teori, Praktek

Abstract

Drama sebagai seni pertunjukan memiliki kekhasan tersendiri yang bertumpu pada perpaduan cabang-cabang seni yang dicakupnya, sehingga sulit untuk mengajarkan drama sebagai seni pertunjukan Pementasan drama memasuki domain psikomotor dalam pembelajaran drama, tetapi juga memasukkan komponen kognitif dan emotif secara default. Bermain drama dalam pementasan mendapatkan pelajaran keterampilan drama yang serius dan mendalam. Metode dalam pengabdian ini menggunakan metode ceramah dan metode praktek. Sosialisasi dilakukan di Universitas Muhammadiyah Buton khususnya Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengenai pemanfaatan berdrama, karena sangat penting dilakukan oleh mahasiswa, untuk mendalami naskah dalam berbagai persoalan kehidupan. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 13 mahasiswa. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa 9 mahasiswa mendapatkan kategori tinggi atau 69,24%, 3 orang mendapatkan kategori sedang atau 23,08%, dan 1 orang mendapatkan kategori rendah atau 7,69%, Artinya tingkat prkatek mencapai nilai rata-rata sebesar 76,3 sehingga secara keseluruhan, penampilan para peserta terbilang baik. Masalah lain yang perlu dibenahi adalah landasan akting.

 

 

References

Baihaqi, I., & Baihaqi, I. (2019). Pembelajaran Drama dengan Metode Role Playing Berbasis Project Learning bagi Mahasiswa PBSI Universitas Tidar. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 5(2), 83–94.

Lisniasari, D. (2022). Pelatihan Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Swasta Pelopor Duri kemampuan mengajar dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Tenaga Pendidik pendampingan menulis naskah drama dan praktik ata. Journal.Upi-Yai, 5(1), 61–65.

Maspuroh, U., & Nurhasanah, E. (2020). Pelatihan Bermain Peran Dengan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Slb B Dan Slb C Tunas Harapan Karawang. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273.

Milawati, T. (2020). Peningkatan Kemampuan Anak Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auidtiri Visual Intelektual (SAVI). Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 70–78.

Muliadi, M., Mansyur, U., & Amin, K. F. (2020). Pelatihan Penulisan Naskah Drama dari Cerita Lisan Sulawesi Selatan di MTs Negeri 2 Biringkanaya Makassar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 127–132.

Naitboho, O. D., Suratni, N. W., & Haryati, N. M. (2022). Pembelajaran Drama Monolog Dengan Cerita Legenda Danau Toba Menggunakan Metode Role Playing Di Sd Inpres Tubuhu ’ E , Kabupaten Timor Tengah Selatan. Pensi, 2, 79–89.

Padmo Adi Nugroho, Y., Yuliati, R., Susanto, E., Trihapsari, H., Nugrahani, R. A. P., & Hamonangan, S. M. (2021). Pelatihan Pembelajaran Drama Online Untuk Guru Bahasa/Sastra Sekolah Menengah. Jurnal Abdimas, 25(2), 139–149.

Permana, A., Firdaus, N. M., Firmansyah, D., & Permana, I. (2019). Implementasi Pemanfaatan Latihan Terbimbing Dan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Berbasis Ekologi Das Citarum. Abdimas Siliwangi, 2(2), 103.

Permatasari, D., & Pratiwi, Y. (2021). Karakteristik Naskah Drama Serial Bertema Cinta Tanah Air Karya Siswa Ektrakulikuler Teater Sman 4 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 43–50.

Ramli, A. (2022). Pelatihan Teater Rakyat Koa-Koayang pada Remaja Non-Produktif Komunitas Budaya Sossorang di Tinambung Sulawesi Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni Dan Desain, 1.

Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2022). Pelatihan Penulisan Naskah Drama Semester IV Program Studi PBSI Universitas Baturaja. Jurnal PkM Ilmu Pendidikan, 5(2).

Subhan, Y. A., Sagimin, E. M., Falahi, K., Sariasih, W., & Wulandari, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Speaking Melalui Teknik Drama Di Jampang English Village Bogor. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 224.

Sunaryo, H., Rahma, C., & Putra, W. (2021). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Menulis Naskah Drama untuk Guru SMP / SMA Muhammadiyah dengan Metode Alih Wahana. Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 362–370.

Suparyanto & Rosad. (2020). Pelatilahan Teknik Pembelajaran Drama Terhadap Guru-Guru SMA Kuala Tungkal Kota. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 248–253.

Syafii, M. S., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 88–96.

Tarno, T., Yusnan, M., & Al’Imran, Y. M. A. P. (2022). PENDAMPINGAN PENGAJARAN MAHASISWA PGSD FKIP UM BUTON DI SD NEGERI 2 WAMEO. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 75-81.

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86.

Yalesvita, Y., & Eliza, M. (2020). Pelatihan Seni Peran (Akting) Teater Monolog Bagi Siswa-Siswi Dalam Mempersiapkan Kegiatan Fls2N. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 87.

Yono, R. R., Mumpuni, A., Permana, A., & Ubaedillah, U. (2021). Pelatihan Drama Bagi Siswa SMP Negeri 1 Songgom. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 304.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Muslim Muslim, Rahmat ramadhan, Ersa Damayanti, & Diceng Diceng. (2022). PELATIHAN DASAR DRAMA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 1(4), 20–25. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v1i4.469