Penerapan Metode Kisah dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA 1 TAMBUN UTARA

Authors

  • Rizki Mahendra Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yayat suharyat Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v1i4.446

Keywords:

Metode Kisah, Pembelajaran PAI, Motivasi Belajar, SMA 1 Tambun Utara

Abstract

Tujuan dari pengabdian  ini adalah untuk penelitian  mengatasi permasalahan yang di alami pada Siswa Kelas XI di SMA 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi dalam pembelajaran agama Islam, yakni dalam proses belajar mengajar, dalam hal ini pada saat peserta didik mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam, peserta didik kurang termotivasi dalam berpartisipasi untuk mengajukan pertanyaan, serta kurang aktifnya peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik karena penggunanan metode pemebelajaran yang monoton. Maka atas problematika tersebut peneliti yang sedang berkontribusi pada kegiatan PPL

Kampus Universitas Islam “45” akhirnya tertarik untuk menawarkan penerapan metode kisah sebagai usaha untuk mengatasi permasalahan diatas. Penelitian ini di lakasanakan di SMA 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada tanggal 05-20 September 2022. Yang menjadi objek kegiatan ini adalah peseta didik Kelas IX di SMA 1 Tambun Utara. Kemudian setelah di terapkannya metode kisah ini terjadi peningkatan motivasi belajar dalam diri anak..

 

 

References

Ahmad. 2014. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. PT> Remaja Rosdakarya.

‘Arti Kata Pendidikan’. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.web.id/didik.

Azizeh, Siti Nur. 2021. ‘Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah’. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 7(1): 88–114.

Dedy Mulyasana. 2015. ‘Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing’. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Djamarah, Syaiful Bahri, and Zain. 2010. ‘Strategi Belajar Mengajar’. In Kemampuan Sosial,.

Hanindita Basmatulhana. 2022. ‘Isi Teks UUD 1945 Bagian Pembukaan, Biasa

Dibaca Saat Upacara Bendera’. detikedu.

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6237614/isi-teks-uud-1945bagian-pembukaan-biasa-dibaca-saat-upacara-bendera.

Hapsari, Intan Indria, and Mamah Fatimah. 2021. ‘Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon’.

Lorens, Bagus. 1996. Kamus FIlsafat. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maulida, Utami, and Muhamad Ridwan. 2022. ‘Pembelajaran Ideal Masa Kini Berbasis Blended Learning’. 5(1).

Muhardi. 2004. ‘Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia’. Mimbar (4).

‘Profil SMAN 1 TAMBUN UTARA’. SMA NEGERI 1 TAMBUN UTARA. https://sman1tambunutara.sch.id/profil.

Shaleh, Abdul Rachman. 2005. Pendidikan Agama Dan Pembangunan Watak Bangsa. 1st ed. PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2004. ‘Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum Di Sekolah.’ Sinar Baru Algesindo: 63.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.

Wahid, Abdul. 2013. ‘Guru Sebagai Figur Sentral Dalam Pendidikan’. 8.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Rizki Mahendra, & Yayat suharyat. (2022). Penerapan Metode Kisah dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA 1 TAMBUN UTARA. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 1(4), 12–19. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v1i4.446