Pengembangan Materi Kepemimpinan dan Keorganisasian pada Kegiatan Darul Arqam Dasar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Baubau

Authors

  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kamasiah Kamasiah Sekolah Tinggi Agama Islam Baubau
  • Karim Karim Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Risman Iye Universitas Iqra Buru

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i1.437

Keywords:

Pengembangan Materi, Kepemimpinan, Keorganisasisan, Darul Arqam Dasar

Abstract

Materi kepemimpinan dan keorganisasian memuat rangkaian penjelelasan untuk mencapai tujuan organisasi, seorang pemimpin dalam suatu organisasi harus mampu mempengaruhi dan menginspirasi para pengikutnya. Seorang pemimpin yang baik tidak dapat dinilai dari jumlah pengikutnya atau lamanya kepemimpinannya. Kapasitas seorang pemimpin untuk mengembangkan pemimpin baru dapat digunakan untuk menilai kualitas mereka. Metode dalam pengabdian ini yaitu menggunakan metode ceramah dan metode presentasikan materi tentang kepemimpinan dan keorganisasian. Dalam pengembangan materi, peserta Darul Arqam Dasar tidak hanya menerima satu materi yang monoton, tetapi  juga dapat mengembangkan materi yang lebih baik. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa hasil analisis berdasarkan angket menunjukan bahwa 16 orang mendapatkan kategori sangat tinggi atau 55,18%, 10 orang mendapatkan kategori tinggi atau 38,48%, 2 orang mendapatkan kategori sedang, dan 1 orang mendapatkan kategori rendah atau 3,45%, sedangkan tidak ada yang mendapatkan kategori sangat rendah. Artinya tingkat pemahaman materi mencapai nilai rata-rata sebesar 81,65 sehingga materi kepemimpinan dan keorganisasian mendapatkan pemahaman yang tinggi.

Kata kunci: , , , 

References

Aditya, P., Setyaki, B., Al, G., Politeknik, F., & Pemasyarakatan, I. (2021). Kepemimpinan (Leadership) Berkarakter Dalam Kemajuan Organisasi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 427–435.

Astuti, J. S. (2021). Mahasiswa dan Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Mahasiswa. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 12(2), 138–161.

Azidin, Y., Rahmah, A., Zuraida, D., & Maulana, R. (2022). Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi dalam Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 82–87.

Fatah, R. A., & Rasai, J. (2021). Model pendidikan Kader Berbasis Wawasan Kebangsaan di Era-Post-Trust: Studi Kasus Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 40–62.

Ferdinan. (2018). Pelaksanaan Program Tahfidz Al Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 03(1), 01.

Ilham Putri Handayani, Mutia Miftahul Jannah, M. S. A. (2021). Materi Karakter Islami Pada Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 13(2), 1–9.

Jaudi. (2020). Kepemimpinan inovatif dalam pengembangan organisasi dan team. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 8(75), 147–154.

Kaseger, J. G., Tewal, B., & Uhing, Y. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Pengembangan Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2488–2497.

Latifah, Z. (2021). Pentingnya Kepemimpinan dalam Organisasi. Seminar Nasional, Vol 01, No, 103–111.

Lestari, M. D. (2019). Perkaderan Intelektual Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Tajdida, 15(1).

Maharani, Y., & Handoyo, S. (2019). Pengembangan Kepemimpinan dalam Organisasi Kepemudaan Pramuka. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, 03(01), 236–243.

Nur, F., & Ramli, R. (2017). Pengaruh Kepengurusan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Terhadap Pengembangan Soft Skill Mahasiswa. Istiqra’, IV(2), 213–228.

Putra, D. W. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Al-Qur’an Surat Ali-Imran Ayat 102-104 Pada Kurikulum Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 9.

Risman, K., Rahim, A., & Salsabila, N. (2022). INTERNALISASI NILAI-NILAI TAUHID PADA MAHASISWA MELALUI PERKADERAN DARUL ARQAM DASAR (DAD) IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH. J-MAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 167-174.

Rizkiani, A. (2018). Pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 6(1), 10–18.

Sahadi, Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). Karakter Kepemimpinan Ideal Dalam Organisasi. Jurnal Moderat, 6(3), 519.

Sari, N., & Arif, D. B. (2020). Membangun Kepemimpinan Profetik Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Jurnal Ilmiah CIVIS, IX(1), 31–39.

Seferti, L., Gistituati, N., & Anisah. (2019). Perilaku kepemimpinan dalam organisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13531–13537.

Sukmawati, A., & Rafni, A. (2020). Peran Organisasi Kepemudaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Melaksanakan Pendidikan Politik Bagi Pemuda di Kota Padang. Journal of Civic Education, 3(2), 191–199.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Muhammad Yusnan, Kamasiah, K., Karim, K., & Risman Iye. (2023). Pengembangan Materi Kepemimpinan dan Keorganisasian pada Kegiatan Darul Arqam Dasar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Baubau. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 87–94. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i1.437