Sosialisasi Pembuatan Kompos Organik dari Sampah Rumah Tangga

Authors

  • Mahmud Basuki Universitas Teuku Umar
  • Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti Universitas Teuku Umar
  • Yusi Hidjrawan Universitas Teuku Umar
  • Rita Hartati Universitas Teuku Umar
  • Marlinda Marlinda Universitas Teuku Umar
  • Nissa Prasanti Universitas Teuku Umar
  • Kasmawati Kasmawati Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v3i3.2247

Keywords:

organic compost, household waste, socialization

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan media penyampaian ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan oleh Dosen Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar. Pelaksanaan PKM ini bertema Sosialisasi Pembuatan Kompos Organik dari Sampah Rumah Tangga. Tujuan PKM ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menanggulangi dan mencegah kerusakan lingkungan akibat sampah rumah tangga yaitu dengan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pentingnya memanfaatkan sampah rumah tangga untuk dijadikan kompos organik. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode sosialisasi yang meliputi ceramah, presentasi, diskusi, dan tanya jawab. Peserta PKM terdisi dari pimpinan dayah, ibu-ibu, dan Santri di Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Seramboe Madinah Desa Ujong Patihah. Peserta PKM mengikuti sosialisasi yang berupa ceramah, diskusi, dan tanya jawab mengenai pembuatan kompos organik dari sampah rumah tangga.  Luaran dari PKM ini adalah membuka wawasan masyarakat sebagai generasi muda yang hidup di era milenial dan dalam mengelola sampah rumah  tangga, diharapkan agar dapat lebih meningkatkan pemanfaatkan limbah rumah tangga.

References

Basuki, M. (2023). Tutorial Cara Print Amplop Sebagai Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 5(1), 79-89.

Basuki, M., Aprilyanti, S., Andalia, W., MZ, H., & Azhari. (2021). Sosialisasi Penataan Rumah yang Rapi Menggunakan Fischer di Kecamatan Sematang Borang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 992-1001.

Basuki, M., Soffiyanurriyanti, S., Prasanti, N., Akmal, A. K., Kasmawati, K., Marlinda, M., Hartati, R., Hidjrawan, Y., & Irmayani, I. (2023). Kontribusi Mahasiswa dalam Akreditasi Program Studi. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 48-54.

Crawford, J. H. (2003). Composting of Agricultural Waste. In P. N. Cheremisinoff & R. P. Ouellette (Eds.), Biotechnology Applications and Research. FFTC (Food and Fertilizer Technology Center). Bioactivator do Decompose Agricultural Waste. Soil and Fertilizer PT. http://www.fftc.agnet.org dalam Jurnal Sains dan Teknologi, 7(2), September 2008.

Rohendi, E. (2005). Lokakarya Sehari Pengelolaan Sampah Pasar DKI Jakarta. Jakarta: UI-press.

Sutaryo. (2004). Panduan Praktis Pengolahan Hasil Ternak. Semarang: Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman.

Published

2024-06-20

How to Cite

Mahmud Basuki, Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti, Yusi Hidjrawan, Rita Hartati, Marlinda Marlinda, Nissa Prasanti, & Kasmawati Kasmawati. (2024). Sosialisasi Pembuatan Kompos Organik dari Sampah Rumah Tangga. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 3(3), 01–07. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v3i3.2247