PENINGKATAN PRODUK UMKM SEBAGAI BENTUK STRATEGI PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT PASCA PANDEMI MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING. (UMKM “JURAGAN LELE” dan UMKM “NASI KUCING”)

Authors

  • Bagus Hari sugiharto Institut Teknologi Dan Bisnis Yadika Pasuruan
  • Muhammad Buyung Saputra Institut Teknologi Dan Bisnis Yadika Pasuruan
  • Ahmad Dwiky Ali Hakim Institut Teknologi Dan Bisnis Yadika Pasuruan
  • Mochamad Saiful Rizal Institut Teknologi Dan Bisnis Yadika Pasuruan
  • Moh Nurus Shobah Institut Teknologi Dan Bisnis Yadika Pasuruan
  • Muhammad Nasi Khudin Institut Teknologi Dan Bisnis Yadika Pasuruan
  • Tsania Al Adawiyah Institut Teknologi Dan Bisnis Yadika Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i3.1060

Keywords:

Deflasi, virus covid-19

Abstract

Berdasarkan data dari badan pusat stasistik (BPS), Indonesia mengalami kontransi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020. Hal ini menyebabkan perekonomian mengalami deflasi atau penurunan drastis karena perkembangan ekonomi di Indonesia mempunyai pergerakan yang kurang stabil. Perubahan yang terjadi dipengaruhi adanya pandemi covid-19.Pemerintah indonesia mengeluarkan kebijakan guna mengurangi penyebaran virus covid-19. Namun kebijakan tersebut menyebabkan berkurangnya jumlah konsumsi rumah tangga. Konsumsi di Indonesia yang tidak terkendali menyebabkan perekonomian mengalami penurunan, untuk itu pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memulihkan perekonomian, pemerintah melaksanakan kebijakan dan membangun kerjasama dengan masyarakat ataupun pelaku usaha UMKM sebagai peran utama pada pergerakan pemulihan ekonomi Indonesia dan mendorong percepatan efektivitas ekonomi disetiap daerah. (Nainggolan, n.d.)

 

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Bagus Hari sugiharto, Muhammad Buyung Saputra, Ahmad Dwiky Ali Hakim, Mochamad Saiful Rizal, Moh Nurus Shobah, Muhammad Nasi Khudin, & Tsania Al Adawiyah. (2023). PENINGKATAN PRODUK UMKM SEBAGAI BENTUK STRATEGI PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT PASCA PANDEMI MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING. (UMKM “JURAGAN LELE” dan UMKM “NASI KUCING”). Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(3), 17–48. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i3.1060