Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness

Authors

  • Anjani Ayu Pratiwi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Naomi Sianturi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Pertiwi Hari Sandi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Epty Hidayaty Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.992

Keywords:

Kopi Kenangan, Marketing, Public Relations, Kesadaran Merek

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam membangun brand awareness selama 3 tahun terakhir. Teori yang digunakan adalah Tahapan MPR Whalen’s 7 step Strategic Planning Process yang mencakup strategi pull, push dan pass yang dilakukan MPR Kopi Kenangan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Marketing public relations Kopi Kenangan ingin menanamkan mindset “Affordable with High Quality Coffee” ke dalam benak konsumen dengan menggunakan strategi MPR yang mencakup Analisis 7 step Strategic Planning Proces yang kemudian menghasilkan partnership, bundling dan marketing campaign yang dilakukan oleh Kopi Kenangan cukup berhasil dalam menanamkan brand awareness. Sehingga proses untuk mempertahankan brand awareness yang dimulai dari tidak menyadari merek awal Kopi Kenangan berdiri, sampai pada puncak pikiran yang berarti keberhasilan Kopi Kenangan sebagai brand kopi yang mampu berkembang dan bersaing.

References

Scelly Alvionita Chayadi, Riris Loisa, Sudarto. 2021. Strategi marketing public relation kopi kenangan dalam membangun brand awareness. Jakarta barat. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

M. Arif Febrinal, S.I.Kom. 2022. Strategi marketing public relations durian runtuh nadhira napoleon di kota pekanbaru dalam membangun brand awareness di kota pekanbaru.pekanbaru. universitas islam negeri sultan syarif kasim.

Jahid syaifullah, S.I.Kom. 2010. Manajemen marketing public relations dalam menciptakan brand. Yogyakarta. Universitas islam negeri sunan kalijaga Yogyakarta.

(Hasanah & Pertiwi Hari Sandi, 2023) (Ikhsan Naasir & Pertiwi Hari Sandi, 2023)

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Anjani Ayu Pratiwi, Naomi Sianturi, Santi Pertiwi Hari Sandi, & Dwi Epty Hidayaty. (2023). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 141–151. https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.992