IMPLEMNTASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE MANDALIKA LOMBOK

Authors

  • Ruben Ramaditya Cipta Pradana Universitas Machung
  • Catharina Aprilia Hellyani Universitas Machung

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.976

Keywords:

Pemasaran turis, sosial media, tingkat kunjungan turis, Mandalika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis dampak implementasi media sosial terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Mandalika, Lombok. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pengumpulan data melalui sumber-sumber terdahulu yang relevan dengan topik yang diangkat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media sosial secara efektif dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Mandalika, Lombok. Dalam hal ini, media sosial menjadi saluran komunikasi yang efektif dalam mempromosikan keindahan dan daya tarik wisata Mandalika kepada masyarakat luas. Selain itu, konten media sosial yang menarik dan interaktif, seperti foto dan video, menjadi faktor penting dalam mempengaruhi minat wisatawan untuk mengunjungi Mandalika. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor lain, seperti kualitas layanan dan fasilitas yang ada di Mandalika, juga mempengaruhi keputusan wisatawan untuk mengunjungi kembali tempat tersebut. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas di Mandalika juga perlu dilakukan agar kunjungan wisatawan tidak hanya sekali datang saja. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi media sosial dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Mandalika, Lombok. Oleh karena itu, pihak terkait perlu memperkuat penggunaan media sosial sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata yang efektif. Selain itu, pihak terkait juga perlu meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas yang ada di Mandalika untuk mempertahankan kepuasan wisatawan dan memperkuat daya tarik wisata di tempat tersebut.

References

Jurnal.

Kanom, “Strategi Pengembangan Kuta Lombok Sebagai Destinasi Pariwisata Berkelanjutan”, JUMPA Volume 1 Nomor 2, Januari 2015

Lustono & Kartika Dewi Permatasari, “Pengaruh Media Sosial, Aksebilitas, Fasilitas, Event Pariwisata, dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Desa Wisata Pagak, Banjarnegara”, MEDIKONIS Vol. 13, No. 1, Januari 2022.

Ni Putu Ayu Listia Dewi, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sukawana Sunrise”, Jurnal Mahasiswa Pariwisata dan Bisnis PISSN 2087 – 5576 Vol 01 No 02, 2022: 276-285 EISSN 2579 – 3454 https://dx.doi.org/10.22334/paris.v1i2.

Tumpal Sihaloho dan Naufa Muna, “Kajian Dampak Ekonomi Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus”, Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, Vol. 4 No. 1, Juli 2010

Victoria Natali Makalew, Vecky A.J. Masinambow, dan Een N. Walewangko,"Analisis Kontribusi Kawasan Ekonomi Khusus (Kek) Terhadap Struktur Perekonomian Sulawesi Utara" Vol 18 No 5 (2017): Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah. DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.15784.19.2.2017

Widianto et al. Jurnal Anggaran dan Keuangan Negara Indonesia Vol. 3 No. 2 (2021)

Pradhana, A., Rachmadi, H., & Afif, F. (2022). Analisa Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kunjungan Wisatawan Di Pulau Sumedang Belitung. Jurnal Pariwisata, 9(2), 161–168. https://doi.org/10.31294/par.v9i2.14111

Saragih, S. P., & Siyamto, Y. (2018). Trend Penggunaan Media Sosial Dalam Industri Pariwisata Di Kota Batam. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 1. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/762

Najamuddin. (2022). Media Sosial Sebagai Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Wisata Malino Kabupaten Gowa. Jurnal Sosialisasi, 9, 155–161.

Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138

Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Interaksi, 4(2), 195–201.

Anak Agung Istri Syawana Bargandini, & Ni Nyoman Juwita Arsawati. (2022). Optimalisasi Media Sosial Dalam Upaya Promosi Desa Wisata di Desa Kenderan, Tegallalang, Gianyar. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.30656/ka.v4i1.3107

Juliantini, N. K., Raka, I. N., & Made Novita Dwi Lestari. (2021). Media Sosial Instagram Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Lokal Ke Hotel Taman Sari Resort & Spa Pemuteran. Sista, 123–134.

Putu, N., & Listia, A. (2022). 18-Article Text-29-1-10-20220311 (1). 01(02), 276–285.

Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Ruben Ramaditya Cipta Pradana, & Catharina Aprilia Hellyani. (2023). IMPLEMNTASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE MANDALIKA LOMBOK. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 61–71. https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.976