Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Pada Produk OPPO Smartphone Di Jaya Ponsel Payakumbuh

Authors

  • Muhammad Faisal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP
  • Febsri Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v2i2.756

Keywords:

Brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty.

Abstract

This research was conducted to determine the effect of brand awareness, brand association, perceived quality on brand loyalty on OPPO Smartphone products in Jaya Ponsel Payakumbuh. This research method uses quantitative methods. The technique used in collecting data in this research is a questionnaire by distributing questionnaires to 96 respondents using OPPO in Jaya Ponsel Payakumbuh, and the data from the respondents' answers will be processed using SPSS. The results of this study indicate that brand awareness has a positive effect on brand loyalty, brand association has a positive effect on brand loyalty, and perceived quality has a positive effect on brand loyalty.

References

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. 6(1).

Chandra, C., & Keni, K. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Dan Brand Loyalty Terhadap Customer Purchase Decision. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 176. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3506

Febsri Susanti, & Dea Edgina. (2021). Pengaruh Pelayanan Keluhan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui ACPI PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Padang. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.31961/ijaaf.v1i1.1167

Ghozali, I. (2016). aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 23. badan penerbit universitas diponegoro.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 1(1), 31-48.

Hamid, A., & Susanti, F. (2023). TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( Studi pada Mahasiswa Pengguna Layanan Go-Jek di STIE-KBP Padang ). 2.

Herdana, A. (2016). Analisis pengaruh kesadaran merek (Brand Awareness) pada produk asuransi jiwa Prudential Life Assurance. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 1–16. file:///C:/Users/user/Downloads/7524-14791-1-SM.pdf

Hermawan, S., & Amirullah. (2021). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & kualitatif. Metode Penelitian Bisnis Bandung, 264.

Joesyiana, K. (2018) Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Valuta, 4(1), 71-85

Kusuma, Y. S. (2014). Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty Yohanes Surya Kusuma. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11.

Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p02

Priyatno, D. (2014). spss 22 pengolahan data terpraktis. cv andi offset.

Purnomo, T. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Herbalife di Surabaya. Agora, 6, 1–7.

Rahmadani, S. (2017). Pengaruh Brand Loyalty, Brand Association, Brand Awareness, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Go-Jek. In Pengaruh Brand Loyalty, Brand Association, Brand Awareness, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Go-Jek (Vol. 1, Issue I).

Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie dan Mie Sedap). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.07

Samuel Hatane, A. B. (2013). Pengaruh, Brand Awareness, Brand Association, Dan Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Pada Produk Oppo Smartphone Di Surabaya. Strategi Pemasaran, 7(1), 1–8.

Santosa, S., & Luthfiyyah, P. P. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan di Gamefield Hongkong Limited. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1), 1–7.

Subagiyo, R., & Adlan, M. A. (2018). Analisis Dampak Brand Loyalty, Brand Awareness, Perceived Quality Dan Brand Association Terhadap Customer Value Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Tulungagung. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 200–224. https://doi.org/10.21274/an.2018.4.2.191-214

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Suryandari, ed). Retrieved from www.cvalfabeta.com

Susanti, F., Nasri, R. J., Tinggi, S., & Kbp, I. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Scoopy Pada Pt Menara Agung Kota Padang. 3(2014), 399–411.

Tarwendah, I. P. (2017). Studi Komparasi Atribut Sensori dan Kesadaran Merek Produk Pangan. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 5(2), 66–73.

Wasil, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, dan Percieved Quality. Forum Ekonomi, 19(2), 137. https://doi.org/10.29264/jfor.v19i2.2120

Downloads

Published

2023-05-02

How to Cite

Muhammad Faisal, & Febsri Susanti. (2023). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Pada Produk OPPO Smartphone Di Jaya Ponsel Payakumbuh. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 296–312. https://doi.org/10.58192/profit.v2i2.756