Analisis Penerapan Etika Bisnis Pedagang Menurut Perspektif Islam di Pasar Cendrawasih Kota Metro

Authors

  • Asep Hidayat Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Rizky Maulana Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Sahrul Irza Anamsyah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Carmidah Carmidah Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v2i2.712

Abstract

Etika bisnisislam merupakan tentang baik, buruk, benar ataupun salah, serta aturan dalam dunia bisnis yang mengacu pada al-Alur’an dan hadist, dengan kata lain menjalankan bisnis sesuai perintah Allah. Islam telah mengatur bagiamana bertransaksi dengan cara yang benar. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan etika bisnisislamoleh pedagang di Pasar Cendrawasih Metro, bagaimana pedagang menerapkan etika bisnis islam di Pasar Cendrawasih Metro, dan untuk mengetahui etika bisnis islam dikalangan pedagang di Pasar Cendrawasih Metro. Metode pengumpulan data dilakukan dengan field risset.Informan terdiri dari 3 narasumber.Data diperoleh dari wawancara dengan pedagang pasar. Hasil survey menunjukan bahwa para pedagang di Pasar Cendrawasih Metro sepenuhnya memahami etika bisnis sesuai dengan islam, namun dapat dikatakan bahwa jawaban mereka berikan tentang menjaga kehalalan produk, menjaga kepercayaan konsumen dan setidaknya telah menerapkan etika bisnis sesuai ajaran islam. Dalam penelitian ini menunjukkan penerapan etika bisnis Islami dalam jual beli di pasar Cendrawasih sudah memberlakukan empat prinsip etika kerja Islam: persatuan, keseimbangan, kehendak bebas, dan tanggung jawab.Etika bisnis islam  yang sebenarnya ialah bisnis  yang tidak menyepelekan etika, moral serta akhlak sehingga memberikan manfaat positif bagi konsumen serta menumbuhkan loyalitas terhadap konsumen.

 

 

References

Amalia, Fitri. “ETIKA BISNIS ISLAM: KONSEP DAN IMPLEMENTASI PADA PELAKU USAHA KECIL.” Al-Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 6, no. 2 (2020): 20–27.

Bapak Agus. (2023). Pedagang Baju

Dahruji, dan Arif Rachman Eka Permata. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan Teoritik Dan Empiris Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam 4, no. 1 (2017): 1–11.

Departemen Agama RI, Op. Cit, h. 83

Faisal Badroen, Op.Cit, h.70

Ibu Atun. (2023). Penjual Ikan Asin

Ibu Mijah. (2023). Penjual daging sapi

Maisyah, E. I. (2016). Implementasi Etika Bisnis Islam pada Pasar Syariah Az-Zaitun 1 Surabaya. Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pasar Syariah Az-Zaitun 1 Surabaya, 26–50.

Syahputri, Tyas Fariha, dan Sri Abidah Suryaningsih. “PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI SEMBAKO DI PASAR KEDURUS SURABAYA.” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 5, no. 1 (2022): 146–59.

Wartoyo. “Etika Bisnis Islam: Konstruksi Nilai Keseimbangan Dan Kemanusiaan.” Al-Amwal 10, no. 2 (2018).

Yulis. (2020). Analisis Penerapan Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Way Halim Bandar Lampung). Skripsi, 8(75), 147–154.

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah#:~:text=Peran%20UMKM%20sangat%20besar%20untuk,total%20penyerapan%20tenaga%20kerja%20nasional.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Asep Hidayat, Rizky Maulana, Sahrul Irza Anamsyah, & Carmidah Carmidah. (2023). Analisis Penerapan Etika Bisnis Pedagang Menurut Perspektif Islam di Pasar Cendrawasih Kota Metro. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 15–26. https://doi.org/10.58192/profit.v2i2.712