ANALISIS BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS LABA PADA PT. FERDINAND MANDIRI

Authors

  • Gita Ramadhani Universitas Potensi Utama
  • Ratih Anggraini Siregar Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v2i1.455

Keywords:

Biaya Produksi, Efektivitas, Laba

Abstract

  1. Ferdinand Mandiri yang berkedudukan di wilayah Medan, Sumatera Utara adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang industri pengolahan sandal. Sebagian besar pemasarannya meliputi daerah dalam negeri dan sebagian diperuntukkan untuk ekspor. Mengenai masalah penetapan biaya produksi dan keefektifan-nya, di perusahaan ini yang menjadi dasar penetapan biaya produksi masih perlu ditinjau kembali sesuai dengan jenis-jenis biaya yang akan dikeluarkan agar pengalokasian-nya tidak melebihi biaya yang telah ditetapkan. Terjadi peningkatan hasil produksi tidak sebanding dengan peningkatan biaya produksiTerjadi penurunan pendapatan pada tahun 2021 sedangkan hasil produksi pada tahun tersebut meningkat. Terjadi kendala biaya produksi pada aktiva tetap berupa kerusakan mesin saat operasional berlangsung. Terjadi keterlambatan bahan baku menyebabkan berhentinya proses produksi. Sebaiknya PT. Ferdinand Mandiri membeli bahan baku yang lebih murah sehingga dapat menurunkan biaya produksi yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Dikarenakan jika perusahaan mencari produsen lain dengan biaya yang lebih murah akan tetapi dengan kualitas yang sama maka biaya produksi perusahaan akan efisien dan laba yang dihasilkan perusahaan akan efektif. Untuk meningkatkan laba perusahaan, perusahaan harus memperhatikan kegiatan operasional seperti berapa jumlah produksi yang akan dihasilkan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dan faktor-faktor lain yang akan berdampak pada laba yang dihasilkan nantinya, seperti harga pokok. Untuk itu perusahaan harus dapat mengefisiensikan biaya produksinya terus-menerus.

References

Amalia, N., & Pertiwi, D. A. (2019). Peranan Penyusunan Anggaran Biaya Produksi Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi ( Studi Kasus Pada ( Ptpn X ) Pabrik Gula Tjoekir , Jombang ) Pendahuluan Era Globalisasi Saat Ini Persaingan Di Bidang Ekonomi Semakin Hari Semakin Ketat . Of Finance And Accounting Studies, 1, 186–202.

Badur, A. (2016). Penelitian Kualitatif-Metodologi, Desain Dan Teknik Analisis Data Dengan Nvivo 11 Plus (Pertama). Mitra Wacana Media.

Bastian Dan Nurlela, (2013). Akuntansi Biaya, Edisi 4, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bazeley, P., & Jackson, K. (2013). Qualitatif Data Analysis With Nvivo.

Beni. (2016). Konsep Dan Analisis Efektivitas. Taushia.

Bustami, & Nurlela. (2013). Akuntansi Biaya. Mitra Wacana Media.

Bridwan, (2014). Teori Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat. Cresswell, Jhon, W., Calk, & Vicky. (2013). Qualitative Inquiry And Research Design. Sage Publication, Inc.

Garrison, Ray, H., Noreen, E. W., & Brewer, P. C. (2013). Akuntansi Manajerial. Salemba Empat.

Guntur, G. (2019). A Conceptual Framework For Qualitative.

Hanafi, Muhammad (2014). Analisa Laporan Keuangan (Edisi V). Jakarta: Salemba Empat

Harnanto. (2017). Akuntansi Biaya Konsep & Metodologi Penggolongan Biaya, Elemen Biaya Produksi Dan Perhitungan Harga Pokok Produksi. Andi Offset.

Iriani, N. I., & Ernawati, E. (2021). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Perusahaan. Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 213–218.

Kasmir, (2015). Analisis Laporan Keuangan (Edisi I). Jakarta: Rajawali Pers

Moleong, & J, L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Pt. Remaja Rosdakarya.

Muhammad, & Indah. (2020). Analisis Biaya Produksi Di Ud. Berkat Jaya Mandiri Desa Simpang Jernih Kecamatan Simpang Jernih. Samudera Ekonomika, 4.

Mulyadi, (2014). Akuntansi Biaya, Yogyakarta: Aditya Media

Pasaribu, E. M. W., & Hasanuh, N. (2021). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih. ::Journal Of Economic, Business And Accounting, 4, 2.

Putong. (2013). Economics Pengantar Mikro Dan Makro. Mitra Wacana Media.

Qsr International. (2018). Qsr International. Www.Qsrinternational.Com

Syafrida Hani, (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan, Medan: Umsu Press.

Satar, & Dalli. (2020). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Sunson Textile Manufacture. Ilmiah Akuntansi, 11(April), 31–42.

Siagian, S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama). Bumi Aksara.

Subramanyam, & Wild, J. J. (2014). Analisi Laporan Keuangan. Salemba Empat.

Sugianto, Dkk (2013), Ekonomi Mikro, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Pt. Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R&D. Cv. Alfabet.

Soemarso S.R, (2017). Akuntansi Suatu Pengantar. Buku 2 Edisi Lima. Jakarta: Salemba Empat

Walter T. Harrison, Dkk, (2013). Akuntansi Keuangan. Penerbit Erlangga

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Gita Ramadhani, & Ratih Anggraini Siregar. (2023). ANALISIS BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS LABA PADA PT. FERDINAND MANDIRI. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 107–113. https://doi.org/10.58192/profit.v2i1.455