PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTASI BERBASIS DIGITAL DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada CV. Mandiri Jaya Teknik Surabaya)

Authors

  • Erlina Dinda Safitri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v2i1.450

Keywords:

sistem informasi akuntansi, kualitas, keuangan, pengendalian internal.

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu survey pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi produk jadi dari material tembaga, kuningan, aluminuium dan sebagainya di daerah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap kualitas keuangan perusahaan dan pengaruh pengendalian internal terhadap kualitas keuangan perusahaan pada CV. Mandiri Jaya Teknik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang menekankan pada pengujian melalui pengukuran beberapa variabel menggunakan angka dan analisis yang sesuai dengan prosedur statistika dan berkaitan pada operasional variabel, populasi dan sampel. Data maupun informasi pada penelitian ini diperoleh melalui hasil pengisian kuisioner dengan responden seluruh karyawan CV. Mandiri Jaya Teknik . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa penerapan sistem informasi akuntansi berbasis digital dan pengendalian internal berpengaruh terhadap kualitas keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi yang digunakan dengan baik dan benar serta sesuai dengan penerapannya akan dapat meningkatkan kualitas keuangan sebuah perusahaan.

References

L.M, Samryn. 2012. Pengantar Akuntansi: Mudah Membuat Jurnal dengan pendekatan Siklus Transaksi (Edisi 2). Rajawali Pers: Jakarta.

Paul D.Kimmel, Donald E.Kieso, Jerry J. Weygandt, 2007. Accounting Principles (Edisi 7). Diterjemahkan Oleh Ali Akbar Yulianto, Wasilah, Rangga Handika. Salemba Empat: Jakarta.

Paul John Steinbart, Marshall B.Romney, 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat: Jakarta.

Hall, James A., 2011. Accounting Information System (Edisi 4). Diterjemahkan oleh Dewi Fitriasari dan Deny Arnos. Salemba Empat: Jakarta.

Indriantoro, Nur., Bambang Supomo, 2014. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian bisnis pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi dan R&D. bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Erlina Dinda Safitri, & Hwihanus Hwihanus. (2023). PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTASI BERBASIS DIGITAL DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada CV. Mandiri Jaya Teknik Surabaya). Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.58192/profit.v2i1.450