Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2019 - 2021)

Authors

  • Muhammad Hidayat STIE Persada Bunda

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v1i4.303

Keywords:

Nilai Perusahaan, Aktivitas Pemasaran, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Perusahaan Farmasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh aktivitas pemasaran, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang bergerak di bidang farmasi dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2019-2021. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas pemasaran berhubungan secara signifikan secara positif terhadap nilai perusahaan. Namun untuk ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara simultan, variabel aktivitas pemasaran, ukuran perusahaan dan profitabilitas memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.  

References

Ammann, Oesch. “Corporate Governance and Firm Value: International Evidence.” Journal of Empirical Finance, vol. 18, no. 1, 2011, pp. 36-55.

Badan Pusat Statistik. “Badan Pusat Statistik.” Badan Pusat Statistik, 7 February 2022, https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/02/07/1911/ekonomi-indonesia-triwulan-iv-2021-tumbuh-5-02-persen--y-on-y-.html. Accessed 15 October 2022.

Ciawi. “Pengaruh Marketing Activity Terhadap Return On Asset dan Market To Book Value Perusahaan Di Sektor Industri Keuangan Non-Bank.” Business Accounting Review, vol. 3, no. 1, 2015, pp. 156 - 167.

CNBC Indonesia, 2021. “Sad! 30 Juta UMKM Gulung Tikar Karena Corona.” CNBC Indonesia, 26 March 2021, https://www.cnbcindonesia.com/news/20210326144212-4-233127/sad-30-juta-umkm-gulung-tikar-karena-corona. Accessed 15 October 2022.

D, Morris R. “Signaling, Agency Theory and Accounting Policy Choice.” Accounting and Business Research, vol. 18, no. 69, 1987, pp. 47-56.

Fahmi. Pengantar Manajemen Keuangan. Alfabeta, 2016.

Hermuningsih. “Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia.” Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, vol. 16, no. 2, 2013, pp. 127 - 148.

Irawan. “Pengaruh Kegiatan Marketing Terhadap Profitabilitas dan Nilai Pasar Perusahaan Perbankan.” Business Accounting Review, vol. 3, no. 1, 2015, pp. 112 - 122.

Januri. “Pengaruh Perencanaan Pajak dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI.” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 907 - 915.

Kim. “the ModeratingEffect of Product Market CompetitionIn The Relationship between Adverti-sing Expenditures and Sales.” Journal of Applied Business Research, vol. 29, no. 4, 2013, pp. 1061 - 1076.

Kombih, Muhammad. “PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN,KINERJA KEUANGAN,DAN ASET TIDAK BERWUJUD TERHADAP NILAI PERUSAHAAN.” Jurnal Ekonomi dan Keuangan, vol. 1, no. 1, 2018, pp. 281-302.

Kotler. Principles of Marketing. 15 ed., England, PearsonEducation, 2014.

KSEI. “Statistik Pasar Modal Indonesia.” PT Kustodian Sentral Efek Indonesia - Home, https://www.ksei.co.id/. Accessed 1 November 2022.

Mahendra, Alfredo, et al. “PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA.” Academia, vol. 1, no. 2012, 2012, p. 130. file:///C:/Users/Ruangguru/Downloads/PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI.pdf.

Putra, R. “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal,dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Asuransi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, vol. 2, no. 2, 2013, pp. 1-18.

Rumondor. “Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan risiko perusahaan terhadap nilai perusahaan pada sub sektor plastik dan pengemasan di BEI.” Jurnal EMBA, vol. III, no. 3, 2015, pp. 159 - 169.

Rumondor, Rumondor. “Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan risiko perusahaan terhadap nilai perusahaan pada sub sektor plastik dan pengemasan di BEI.” Jurnal EMBA, vol. 3, no. 1, 2015, pp. 159-169.

Serenia. “Pengaruh Kegiatan Marketing terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Properti dan Real Estate di BEI.” Business Accounting Review, vol. 3, no. 1, 2015, pp. 268 - 279.

Simamora. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta, Salemba Empat, 2000.

Suharli, M. “Studi empiris terhadap faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan go public di Indonesia.” Jurnal Maksi, vol. 1, no. 1, 2006, pp. 23-41.

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Muhammad Hidayat. (2022). Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2019 - 2021). Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 147–155. https://doi.org/10.58192/profit.v1i4.303