GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGI PROFESI KHUSUS

Authors

  • Nandang Budiman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurlaila Lathifa Kusumaningsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nadhia Aulia Nadhira Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.977

Keywords:

: kode etik profesi, Bimbingan konseling, , guru bimbingan dan konseling.

Abstract

Guru bimbingan dan konseling idealnya dilaksanakan oleh seorang professional yang memiliki latar belakang pendidikan bimbingan dan konseling. Akan tetapi pada kenyataan, masih banyak dibeberapa sekolah pada khususnya, guru bimbingan dan konseling berlatar belakang pendidikan non bimbingan dan konseling. Hal ini merupakan imbas dari kurangnya pasokan guru bimbingan dan konseling ke tiap-tiap jenjang pendidikan. Pemahaman akan pentingnya peran guru bimbingan dan konseling di sekolah dengan mengisi kekosongan posisi tersebut dengan guru mata pelajaran lain tentu akan menjadi kurang efektif dalam pelaksanaan layanannya dan cenderung mengarah pada tugas yang seharusnya tidak dilakukan oleh bimbingan dan konseling. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, dan memahami tentang kode etik konseling, serta bagaiamana penerapan kode etika etik konseling selama memberikan layanan bimbingan dan konseling terhadap konselinya

References

ABKIN. (2006). Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. Jawa Tengah.

ABKIN. (2018). Kode Etik Bimbingan dan Konseling Indonesia. Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia.

Alawiyah, D., Rahmat, H. K., & Pernanda, S. (2020). Menemukenali Konsep Etika Dan Sikap Konselor Profesional Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 6(2), 84–101. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i2.457

Aminah, S., M.Farozin, Suwarjo, D., , Si, M., Rahman, F., & , Si, M., & S.yamsu, Y. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Dasar (Sd).

Evi, T. (2020). Research & Learning in Primary Education Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 2, 2–5.

Harahap, A. C. P., & Harahap, D. P. (2021). Gambaran Profesionalisme Guru Bk Dalam Pemberian Layanan Bimbingan Konseling. Al-Irsyad, 11(2), 251. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i2.10669

Hidayat, Rahmat, D., Badrujaman, A., & Suryarsi, S. (2019). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMP di Sub Rayon 01 Kota Bekasi. Jurnal Bimbingan Konseling.

Hotmauli, M. (2021). Penerapan Kode Etik Konseling oleh Guru Bimbingan dan Konseling Non BK. Journal Scientific Of Mandalika (JSM) e …, 2(12), 605–611.

Irmayanti, R. (2018). Bimbingan dan Konseling sebagai Profesi Khusus. Quanta, 2(1), 21–29. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

JUMRAWARSI, MUDJIRAN, NEVIYARNI, & Nirwana, H. (2021). KODE ETIK KONSELING SERTA PERMASALAHAN DALAM PENERAPANNYA. Ensiklopedia of Journal, 1(3), 157–166.

Kartadinata, S. (2011). Menguak tabir bimbingan dan konseling sebagai upaya pedagogis.

Mulyadi, M. (2012). Penelitian kuantitatif dan kualitatif: Serta praktek kombinasinya dalam penelitian sosial.

Nurhisan, J. A. (2007). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Refika Aditama.

Nurrahmi, H. (2015). Kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling. Jurnal Dakwah Alhikmah.

Pardodi Maba, A., Fajrotuz Zahro, I., & Hartika Utami Fitri, dan. (2018). Innovative Counseling Perkembangan Konseling Pada Abad 21: Konselor Sebagai Profesi Yang Mengedepankan Tanggung Jawab Kehidupan Efektif Konseli. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 2(1), 43–50.

Rahardjo, S. dan A. S. K. (2017). Pelaksanaan Kode Etik Profesi Guru Bimbingan dan Konseling SMP/MTS Kabupaten Kudus. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(2), 185–196.

Sianturi, R., Luthfillah, N., Zakiyyah, H., & Wulandari, R. (2022). Status Profesi Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Journal of Education Research, 3(2), 42–47. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.75

Suherman, U. (2007). Kompetensi dan aspek etik profesional konselor masa depan. Dalam Jurnal Educationist.

Sujadi, E. (2018). Kode Etik Konseling Serta Permasalahan Dalam Penerapannya. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 53–58. https://doi.org/10.33559/eoj.v3i4.799

Sukatin, Dianovi, A., Siregar, D., Mawaddah, I., & Suryaningsih. (2022). Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Bunarraqa, 8(2), 1–12.

Suprihatin, S. (2017). “Kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling dalam pelayanan bimbingan dan konseling.” JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling).

Yuhana, Nanang, A., & Aminy, F. A. (2019). “Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Nandang Budiman, Nurlaila Lathifa Kusumaningsih, & Nadhia Aulia Nadhira. (2023). GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGI PROFESI KHUSUS. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 91–101. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.977