PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI KELEYAN I

Authors

  • Indah Wulandari Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.962

Keywords:

Picture and Pinture, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui model pembelajaran picture and picture. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Hasil analisa data bahwa: 1) perencanaan pepmbelajaran seperti menentukan bahan pelajaran dan merumuskan tujuan, mengembangkan dan mengorganisasikan media pembelajaran, merencanakan pengelolaan kelas, dan menyiapkan alat penilaian rencana pembelajaran, 2) langkah pembelajaran antara lain: melakukan pembelajaran, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar, 3) peningkatan kemampuan dengan indikator : menyebutkan angka 1-10, menunjukkan angka 1-10, dan mengurutkan angka 1-10 dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada siswa kelas 1 dengan menggunakan model picture and picture di SD Negeri Keleyan 1 Desa Socah yaitu siswa mengenal lambang bilangan 1-10 mencapai 85%.

 

References

Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hamdani Nizar Alam,Hermana Dody.2008.Classroom Action Research.Rahayas

Istarani.2011. Model pembelajaran picture and picture

Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar.

Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi.

Rahardjo, dan Prof. Dr. Yusufhadi Miarso) Jakarta: Unit PercetakanUniversitas Negeri Jakarta.

Seels, Barbara R., & Richey, Rita C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. (Alih bahasa: Dra. Dewi S. Prawiradilaga, Drs. Raphael

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY Press.

Sugihartono. et al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

http://weblogask.blogsport.com/2012/09/model-pembelajaran-picture-andpicture.html.

http://www.buatskripsi.com/2011/01/pengertian-keaktifan -belajar-siswa-html.

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Indah Wulandari, & Agung Setyawan. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI KELEYAN I . Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 44–74. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.962