Hubungan Kedisplinan Dengan Hasil Belajar Siswa UPT SPF SD Negeri 218 Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba

Authors

  • Khaerunnisa Khaerunnisa Universitas Negeri Makassar
  • Andi Bau Rana Universitas Negeri Makassar
  • Sayidiman Sayidiman Universitas Negeri Makassar
  • Muhammadong Muhammadong Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.721

Keywords:

Kedisiplinan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan 1) untuk mengatahui gambaran kedisiplinan siswa UPT SPF SD Negeri 218 Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba, 2.) Untuk Mengetahui hasil belajar siswa UPT SPF SD Negeri 218 batang Kecamatan Bontotiro kabupaten Bulukumba, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa UPT SPF SD negeri 218 Batang Kecamatan Bontotiro kabupaten Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV,V dan VI SD UPT SPF Negeri 218 Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 56 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu angket kedisiplinan dengan hasil belajar siswa. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (Korelasi Person Product Moment dan Determinasi) Dari hasil penelitian ini diperoleh gambaran kedisiplinan siswa berada pada kategori tinggi sedangkan hasil belajar siswa berada pada ketegori sangat tinggi. Maka diperoleh bahwa terdapat hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis inferensial (Korelasi Person Product Moment dan determinasi) diperoleh bahwa terdapat hubungan tetapi tidak menjadi faktor yang determinan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa UPT SPF SD Negeri 218 Batang Kecamatan Bontotiro kabupaten Bulukumba.

 

 

References

Arikontu S dan C. (2018). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Bumi aksara.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Alfabeta.

Bahari, S. (2011). Rahasia Sukses Belajar.PT Rineka Cipta.Budiningsih. (2012).

Dimyanti dan Suryatri Darmiatun. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta.

Hamalik. (2014). Proses Belajar Mengajar.PT Bumi Aksara.

Hendryadi, S. dan. (2015). metode Riset Kuantitatif: teori dan aplikasi. Prenada Media Group.

Hurlock. (2013). Perkembangan Anak.Erlangga.

Maman, R. (1999). Manajemen kelas.

Depdiknas, Proyek Pendidikan Guru SD.

Prijodarminto, S. (1994). Disiplin Giat Menuju Sukses. Abadi.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistik.Alfabeta.

Sagala. (2012). Konsep dan makna pembelajaran. Alfabeta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Soemarmono. (1996). Gerakan disiplin nasional. Mini jaya abadi.

Soewarno, Hasmiana, F. (2016). Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Unsyiah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 1(1), 21–30.

Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers.

Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiarto. (2013). Master EYD edisi baru.Suaka Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Alfabeta.

Susanto. (2013). teori belajar dan pembelajaran disekolah dasar. kencana prenadamedia group.

Susanto. (2015). Teori Belajar & pembelajaran Disekolah Dasar. Prenadamedia group.

Syafriddin. (2005). Hubungan Antara Disiplin belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar bahasa indonesia SMA PGRI Sungguminasa Kabupaten Gowa. Edukasi.

Tulus, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku Siswa. Grasindo.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Khaerunnisa Khaerunnisa, Andi Bau Rana, Sayidiman Sayidiman, & Muhammadong Muhammadong. (2023). Hubungan Kedisplinan Dengan Hasil Belajar Siswa UPT SPF SD Negeri 218 Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 01–16. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.721