PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nassta Radhini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syafa Dwi Putra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zahira Arieta Tiskhania Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ahmad Fu'adin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.419

Keywords:

Pembelajaran Daring, Peserta Didik, Matematika, Minat, Pemahaman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membahas apa saja pengaruh pembelajaran daring pada peserta didik pada minat dan pemahaman peserta didik pada pelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dalam bentuk google form. Setelah dilakukan penelitian terhadap minat dan pemahaman peserta didik pada pelajaran Matematika dapat disimpulkan Berdasarkan survey dapat disimpulkan bahwa peserta didik pada umumnya (hampir 70%) tidak mampu memahami materi pembelajaran Matematika secara daring dengan baik. Para peserta didik juga tidak sepenuhnya paham dengan sumber-sumber yang diberikan oleh guru. Lalu hambatan para peserta didik dalam proses pembelajaran di rumah adalah kurangnya konsentrasi, kesulitan memahami pelajaran, tidak dapat bertanya langsung kepada guru, dan bosan. Dapat diketahui juga bahwa para peserta didik masih banyak yang menyetujui dan sadar bahwa Matematika merupakan ilmu yang penting dan perlu dipelajari, dengan persentase setuju lebih dari 80%. Namun para peserta didik juga menjadi malas jika soal yang dikerjakan sulit dan tidak membuahkan hasil. Berdasarkan semua indikator di atas, menunjukkan bahwa pada masa pandemi COVID-19 dengan menggunakan pembelajaran daring masih banyak yang harus diperbaiki oleh guru pengajar. Solusi yang dapat dijadikan alternatif adalah dengan menyajikan pembelajaran yang menarik, kreatif dan menyenangkan seperti membuat video pembelajaran yang menarik, menggunakan google site sebagai media pembelajaran yang kreatif, dan memanfaatkan fasilitas internet yang lain. Dengan begitu diharapkan siswa dapat memahami materi yang diberikan.

References

Anugrahana, A.2020. Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M, N. 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dwidarti, U., Lygia Mampouw, H., & Setyadi, d.2019. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 315–322.

Fauzy, A., Nurfauziah, P., Siliwangi, I. 2021. Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin.

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z.2020. Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi COVID-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029

N. Novferma. 2016. Analisis Kesulitan dan Self – Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dalam Bentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1), pp.76-87.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Determining Effective Subjects Online Learning (Study and Examination) with Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) Method. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 4(2), 370-376.

Isman. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan(Moda Daring). hlm 361-457.

Purnomo, Y. W., Salsabila, J. L., Nafisah, A., Rahmawati, R. D., & Mawaddah, F.2021. Pembelajaran Matematika Secara Daring Membosankan Bagi Siswa Sekolah Dasar: Studi Self-Report Siswa. Aksioma: jurnal program studi pendidikan matematika, 10(3), 1351. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3533

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A.2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. jurnal basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rohim, D. C. 2022. Perspektif Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(1). https://doi.org/10.28926/briliant

I.Made Putra.2020. Kurang Efektifnya Pembelajaran Daring.

Syarifudin, A., S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia. 5(1), 31-34. Tersedia pada: https://journal.trunojoyoac.id/metalungua/article/view/7072. Diakses 12 mei 2020.

Utami, Yuliza Putri & Derius Alan Dheri Cahyono, 2020. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring,” dalam Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1, no. 1 2020, hal. 20-26

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Annisa Annisa, Nassta Radhini, Syafa Dwi Putra, Zahira Arieta Tiskhania, & Ahmad Fu’adin. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN MATEMATIKA. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 98–110. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.419