PERAN ALJABAR DI KALANGAN PEDAGANG

Authors

  • Ghea Hapshah Loemongga Puspasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lisnawati Putri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Alif Shihab Al-Farizqi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Najmi Syifa Febriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sahrul Juliana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ahmad Fuadin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.410

Keywords:

Aljabar, Harga Jual, Pedagang

Abstract

Aljabar memiliki peran penting dalam kehidupan sehari – hari di masyarakat, sebab aljabar memberikan metode untuk memecahkan persamaan dan mengekspresikan rumus yang lebih mudah (bagi mereka yang memahami konsepnya) daripada metode konvensional, yaitu menulis semuanya dalam kata-kata.Salah satu peran Aljabar dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk menentukan harga jual dalam berdagang.Penerapan aljabar pada  perdagangan digunakan untuk menghitung besar kemungkinan keuntungan dan kerugian yang didapat, serta dapat menentukan jumlah modal yang dibutuhkan untuk membeli dan menjual barang tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu dengan mewawancarai narasumber yakni beberapa pedagang ayam geprek yang ada di wilayah kelurahan Gegerkalong. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa mengenai metode yang dipakai oleh para pedagang untuk menentukan harga jual, para pedagang umumnya menggunakan cara yang sama yang didasarkan pada tiga faktor utama. Yaitu : berdasarkan harga kompetitor dan pasar ; penentuan harga secara dinamis ; dan menghitung harga dasar. Nyatanya para pedagang tidak menyadari bahwa metode yang mereka pakai adalah metode perhitungan aljabar. Hal ini disebabkan para pedagang yang kurang mengetahui dan memahami tentang materi aljabar.

References

Agusdianita, N., & Asmahasanah, S. 2020. Penyusunan Perangkat Model Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Rme Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kreativitas, Dan Karakter Siswa Sd. Attadib Journal Of Elementary Education, 4(1)

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Booker, G., 2009. Algebraic Thinking: Generalising Number and Geometrry to Express Patterns and Properties Succinetly. Griffith University, Brisbane. http://www.mav.vic.edu.au/files/conferences. Diakses 20 Desember 2022.

Dindyal, J. 2011. Algebraic Thinking in Geometry at High School Level Students Use of Variables and Unknown. National Institute of Education Singapore. jdindyal@nie.edu.sg. Diakses 22 Desember 2022.

Eliza, N., & Pujiastuti, H. 2022. Penentuan Tanggal Masyarakat Baduy dan Hubungannya dengan Konsep Aljabar. journal.iainlangsa.ac.id, 90-99.

Hayati, L. 2013. Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa. eprints.uny.ac.id.

Kriegler, S., 2011. Just What Is Algebraic Thinking?, Department of Mathematics, UCLA. kriegler@ucla.edu. diakses 19 Desember 2022.

Krismanto, Al, & Rochmitawati. 2009. Modul Matematika SMP Program Bermutu: Kapita Selekta Pembelajaran Aljabar di Kelas VII SMP. repositori.kemdikbud.go.id.

Listiani, N., & Hermana, C. 2022. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing sebagai Penentu Harga Jual pada Produksi Ayam Geprek Mas Brek Karawang. jurnal.usahid.ac.id.

National Council of Teachers of Mathematics. 2008. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Rahmah, N. 2013. Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Salwa, A. P., Kurniari, F. E., & Munandar, A. 2022. Penetapan Harga Jual Berdasarkan Analisis Perhitungan Biaya Produksi di Restoran Ayam Geprek Sahabat. ejournal.kompetif.com.

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sholeh, I. 2020. Pengaruh Matematika Al-Jabar; dari Kasus Fikih hingga Temuan Teknologi Modern. khaspempek.com, 1.

Tatag Yuli Eko Siswono, I Ketut Budayasa.2009. Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika, Jurusan Matematika FMIPA UNESA. hal. 5-6.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Ghea Hapshah Loemongga Puspasari, Lisnawati Putri Anggraeni, Mochamad Alif Shihab Al-Farizqi, Najmi Syifa Febriani, Sahrul Juliana, & Ahmad Fuadin. (2022). PERAN ALJABAR DI KALANGAN PEDAGANG. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 87–97. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.410