KAJIAN FENOMENA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA CAMPUR BAHASA INGGRIS DALAM PANDANGAN POSTMODERN (PENGAMATAN BAHASA PADA LIRIK LAGU POP)

Authors

  • Ayu Nurani Kosasih IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.226

Keywords:

Bahasa, Budaya Modern, Posmodern.

Abstract

Kemajuan teknologi modern secara  kilat berdampak pada perubahan segala aspek di kehidupan manusia. Hal yang sangat terdampak akan hal ini ialah kebudayaan. Adanya budaya modern yang masuk telah merubah identitas budaya Indonesia. Banyak terjadi percampuran kebudayaan di dunia global ini. Budaya kolaborasi sulit untuk dibedakan dengan budaya asli. Munculnya kebudayaan campuran seringkali  susah dimengerti dan begitu mengagetkan. Unsur yang paling penting dalam bduaya ialah bahasa. Banyak sekali penggunaan bahasa Indonesia campur bahasa Inggris. Pemakaian bahasa Indonesia campur bahasa Inggris tersebut dapat diketahui dengan mudah melalui lirik sebuah lagu. Lagu dapat diartikan sebagai produk budaya ataupun alat untuk berkomunikasi. Melalui bahasa, dapat melihat dan menguraikan perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Pemakaian bahasa Indonesia campur bahasa Inggris sangat menarik untuk dilakukannya suatu  penelitian karena dapat melihat situasi sikluk sosial budaya pada masyarakat sekarang.  Pendekatan culture studies kritis posmodern dengan metode pisau  analisis wacana dipakai dalam menguak ideologi, latar belakang dan motif pemakaian bahasa Indonesia campur bahasa Inggris  pada lirik sebuah lagu.  Penelitian ini dapat dipelajari tentang adanya pergulatan budaya Indonesia dengan budaya modern. Hegemoni maupun dominasi simbolik menjadi bahaya dan ancaman laten untuk harmoni pada budaya yang beragam.

References

Agustianto, A. (2013). Komunikasi dalam Dominasi Budaya Teori Kritis menurut Jurgen Habermas. Jurnal Ilmu Budaya, 9(2), 75.

Anshori, D. S. (2017). Etnografi Komunikasi: Perspektif Bahasa. PT Rajagrafindo Persada.

Hanif, M. (1970). Studi Media Dan Budaya Populer Dalam Perspektif Modernisme Dan Postmodernisme. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(2), 235–251.

Ida, R. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Prenadamedia Group.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenadamedia Group.

Littlejohn, S. W. (2018). Teori Komunikasi. Salemba Humanika.

Lubis, A. Y. (2014). Postmoderinsme Teori dan Metode. PT Rajagrafindo Persada.

Nurhadi, Z. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. PT Balebat Dedikasi Prima.

Piliang, Y. A. (2009). Retakan-retakan Kebudayaan: Antara Keterbatasan dan Ketakberhinggaan. Melintas.

Rakhmawati, Y. (2016). Hibriditas New Media Komunikasi dan Homogenisasi Budaya. Komunikasi, X.

Ridaryanthi, M. (2014). Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi Perilaku Konsumen Studi Terhadap Remaja. Visi Komunikasi, 01.

Ronda, M. (2018). Tafsir Kontemporer Ilmu Komunikasi: Tinjauan teoritis, Epistemologi, Aksiologi . Indigo Media.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Alfabetae.

Wibowo, W. (2001). Manajemen Bahasa. Gramedia Pustaka Utama.

Wijana, I. D. P. (2014). Bahasa, Kekuasaan, Dan Resistansinya: Studi Tentang Nama-Nama Badan Usaha Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Humaniora, 26.

Yusuf, A. (2014). Postmodernisme: Teori dan Metode. PT Rajagrafindo Persada.

Yusuf, A. (2016). Pemikiran Kritis Kontemporer: Dari Teori Kritis, Cultural Studies, Feminisme, Postkolonial Hingga Multikulturalisme. PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Ayu Nurani Kosasih. (2022). KAJIAN FENOMENA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA CAMPUR BAHASA INGGRIS DALAM PANDANGAN POSTMODERN (PENGAMATAN BAHASA PADA LIRIK LAGU POP). Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 70–81. https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.226