EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AN-NIDA KOTA LUBUK LINGGAU

Authors

  • Muhammad Ferry Kurniawan Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Maria Botifar Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Deri Wanto Institut Agama Islam Negeri Curup

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.189

Keywords:

evaluasi pembelajaran, pendidikan Islam

Abstract

: Evaluasi dalam pendidikan Islam, secara umum sangat berguna bagi pendidik, peserta didik, ahli fikir pendidikan Islam, politik pengambil kebijakan pendidikan Islam, untuk membantu mereka dalam membenahi sistem pengawasan dan mempertimbangkan kebijakan yang akan diterapkan dalam sistem pendidikan nasional (Islam). Penelitian Kepustakaan atau Library research adalah telaah kepada beberapa referensi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan baik telaah pemikiran tokoh dan yang lainnya. Evaluasi yang merupakan suatu proses dan tindakan yang terencana untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat disusun penilaiannya yang dapatdijadikan dasar untuk membuat keputusan. Evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi peserta didik, pendidik, materi pendidikan, proses penyampaian materi pelajaran, dan berbagai aspek lainnya yang berkaitan dengan materi pendidikan.

 

References

Al Mawardi. an Nukat wal Uyun. Beirut: Daar al Kutub al ‘Ilmiyyah, Vol 4, t.th.

Al‘ Askariy, Abu Halal. Al Furuq al Lughawiyah Mesir: Daar al ‘Ilm wa ats Tsaqafah. t.th

Allen, M.J. dan Yen, W.M. (1979). Introductionto Measurement Theory. Monterey: Wardsworth, Inc.

Al-Rasyidin, dkk. (2015). Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Arief, Armai. (2012). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Arifin, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrul, Rusydi Ananda dan Rosnita (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Ath-Thobari, Abu Ja’far. Jami’ul Bayan fi Ta’wil al Qur’an. Beirut: Muassasatu ar Risalah, Vol. 71420 H.

Az-Zubaidy. Murtadho. Taaj al Arus min Jawahir al Qamus. Daar al-Hidayah, Vol 37.

Az-Zuhailiy. Wahbah bin Musthofa, at Tafsir al Munir fil Aqidati wasy Syari’ati wal Manhaj. Damaskus: Daar al Fikr al Muashir, Vol. 20,1418 H.

Faris, Ibnu. Mujmal al Lughah li Ibni Faris. Beirut: Muassasatu ar Risalah.

Hamalik, Oemar.Pengajaran Unit, Bandung: Alumni, 1982.

Ismanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 9, No. 2, Agustus 2014.

Langgulung, Hasan. (2009). Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Muhammad Ferry Kurniawan, Maria Botifar, & Deri Wanto. (2022). EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AN-NIDA KOTA LUBUK LINGGAU. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 20–37. https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.189