Meningkatkan Minat Belajar menggunakan Model Pembelajaran Demonstrasi pada Materi Gerak Vertikal ke Atas, Gerak Vertikal ke Bawah, dan Gerak Jatuh Bebas

Authors

  • Marsya Indah Yunita Universitas PGRI Yogyakarta
  • Nurul Maharani Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dimas Raskian Aji Universitas PGRI Yogyakarta
  • Wahyu Kurniawati Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1790

Keywords:

Interest, Demonstration Learning Model, GLBB

Abstract

This research is intended to provide an in-depth understanding of physics material regarding upward vertical motion, downward vertical motion, and free fall motion using a demonstration learning model. The purpose of this article is to provide a reference learning model that can be used by teachers when presenting physics material so that it is not boring and is easy to understand. This learning model is effectively applied in almost all physics material, including upper vertical motion, lower vertical motion, and also free fall motion. Because the teacher's role is important in increasing students' interest in learning and making the class atmosphere more enjoyable when delivering the material, this article is very helpful and can be a reference source that can be used when determining the model for learning movement material.

References

Agustinasari, A., & Sumarni, R. A. (2021). Alat Penghitung Fisika Pada Materi Gerak Vertikal Berbasis Matlab. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1), 741–744.

Aminah, S., Aisyah, E., & Ardiansyah, D. (2021). PENGENALAN MATLAB UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA BAGI SISWA SMAN 2 KOTA PAGAR ALAM. 04(02), 83–89.

Amiruddin, M. Z. Bin. (2022). Eksplorasi Konsep Fisika Pada Permainan Lempar Bola Secara Vertikal dengan Bantuan Aplikasi Tracker. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(1), 60–67. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.45707

Anggraini, M. A. S., Uswatun, U., Tiara, S. I. N. J., Sudarti, S., & Subiki, S. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2022 Universitas Jember Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan. Jurnal Sains Riset, 13(2), 443–449. https://doi.org/10.47647/jsr.v13i2.1592

Bayu, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.

Dasriyani, Yohanna, dkk (2015). Pembuatan Set Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroler Dengan Tampilan Pc. Jurnal Fisika Vol. 5.

Djamarah, Bahri , Syaiful dan Zain, Aswan. (1997). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Renika Cipta

Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 96–102. doi:10.31539/spej.v1i2.272

Jannah, M., Subiki, & Lesmono, A. D. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Lesson Study Disertai Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 2–10.

Josephine, N. E. (2020). Modul pembelajaran SMA fisika kelas X: gerak melingkar.

Kamajaya. 2007. Cerdas Belajar Fisika untuk Kelas X. Grafindo Media Pratama. Khanginan, Marthen. 2013. FISIKA untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kurniawati, W., & Eko Atmojo, S. (2022). IPA : Batuan dan tanah, Astronomi, Bunyi dan Cahaya, Pesawat Sederhana, dan Listrik.

Pratiwi, U., Akhdinirwanto, R. W., Fatmaryanti, S. D., & Ashari, A. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) pada Kegiatan Praktikum Fisika Dasar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa MA Al-Iman Bulus Purworejo. Surya Abdimas, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.37729/abdimas.v4i1.413

Selly, V. K. dan Oktavia, Septi. 2013. Belajar SAINS SD Kelas III. Jakarta: yudhistira.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT Bina Aksara

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar proses pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherly, T., Insani, L. T., & Nasir, M. (2022). Pengembangan Alat Bantu Hitung Gerak Vertikal Keatas Berbasis Graphical User Interface untuk Pembelajaran Fisika. Jurnal Paedagogy, 9(3), 561. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5384

Supriadi, B., Alivia, H., Wahyudianti, R., Studi, P., Fisika, P., & Jember, U. (2023). Persamaan gerak vertikal ke bawah dipengaruhi gaya gesek udara menggunakan theorema lagrange. 8(2), 231–235.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdayarya

Untoro, Joko. (2015). Buku Pintar Fisika. Jakarta Selatan: Wahyu Media.

Wijaya, M. C. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 3(1), 28–36. https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.928

Yuningsih, N., & Sardjito. (2020). Gerak Vertikal Benda Berukuran Berbeda yang Jatuh Tanpa Kecepatan Awal dan Bergesekan dengan Udara. Industrial Research Workshop and National Seminar, 710–714.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Marsya Indah Yunita, Nurul Maharani, Dimas Raskian Aji, & Wahyu Kurniawati. (2023). Meningkatkan Minat Belajar menggunakan Model Pembelajaran Demonstrasi pada Materi Gerak Vertikal ke Atas, Gerak Vertikal ke Bawah, dan Gerak Jatuh Bebas. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1790