PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA LANJUTAN DI KELAS TINGGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Annisa Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Fitri Khoiroh Sayidah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Miftahul Jannah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Nurhafizah Nurhafizah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Tiara Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1028

Keywords:

Membaca, Strategi, Kelas Tinggi

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu usaha untuk menjadikan manusia menjadi lebih baik, dengan cara mengikuti proses pembelajaran yang menekankan pada peningkatan kemampuan siswa untuk menjadi pribadi yang memiliki pemahaman yang luas dan mumpuni. Salah satu aspek yang dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman yaitu melalui membaca. “Banyak Baca, Banyak Tahu” merupakan salah satu slogan mengenai pentingnya membaca. Proses pembelajaran yang sukses harus menggunakan strategi yang relevan guna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran membaca lanjutan di kelas tinggiguna untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dalam proses penelitian ini menggunakan metode pendekatan rasional yang disusun berdasarkan hasil observasi studi pustaka. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi yang baik dan relevan pada pembelajaran membaca lanjutan di kelas tinggi dapat mempengaruhi efektivitas serta dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa.

References

Annisa Azhar Riyadi, Pupun Nuryani, Tatat Hartati. (2019). Penerapan Strategi SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilaan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 185-194.

Baiq Arnika Saadati, Muhammad Sadli. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 151-164.

Chusni, M. M. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Sukoharjo: CV Pradina Pustaka.

Eti Sunarsih, Masweni, Fitri. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Melalui Strategi The Power Of Two Pada Siswa . Jurnal Pendidikan Indonesia, 32.

Fauji, V. A. (2020). Efektivitas Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring (Al-Jahriyah) Dan Membaca Dalam Hati (Ash-Shamitah) Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 . Journal of Arabic Learning and Teaching, 77.

Hardiana, Y. (2019). Proses Pembelajaran Kemampuan Membaca Lanjut Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Siswa Kelas IVA SD Brawijaya Smart School Malang). Jurnal Ilmu-Ilmu Terapan dan Hasil Karya Nyata, 16-17.

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 336.

Hidayat, I. W. (2018). Keterampilan Belajar (Study Skills) untuk Mahasiswa. Jakarta: Kencana.

Irdawati, Yunidar, Darmawan. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di MIn Buol. Jurnal Kreatif Online, 4.

Magdalena, I. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Strategi Pemebelajaran Know Want Learning (KWL) Siswa di Kelas IV SD Pinang 1. Jurnal Edukasi dan Sains, 391.

Maharani, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Lanjutan di Kelas IVA SDN 2 Kawan Bangli. Jurnal Pendidikan, 23.

Nurhadi. (1989). Menigkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru.

Reni Gustiawati, Darnis Arief, Ahmad Zikri. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Cerita Fabel Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 355-360.

Syibli Maufur & Abdul Sholeh. (2015). Penerapan Metode PQR4 Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas IV SDN Pengampon II Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI, 3.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Annisa Ramadhani, Fitri Khoiroh Sayidah Harahap, Miftahul Jannah, Nurhafizah Nurhafizah, & Tiara Ramadhani. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA LANJUTAN DI KELAS TINGGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA . Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 216–224. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1028