ASPEK-ASPEK MEMBACA DAN PENGEMBANGAN DALAM KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS TINGGI

Authors

  • Hilda Melani Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Humairo Sakinah Zainuri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Nadia Syafitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rizky Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025

Keywords:

Membaca,, Keterampilan, Bahasa Indonesia

Abstract

Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan untuk melatih keterampilan dalam berkomunikasi lisan. Membaca adalah suatu proses pembacaan sandi yang penulis buat untuk pembaca. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa di dalam atau pelajaran Bahasa Indonesia. Mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan sampai di perguruan tinggi ini masih dipelajari. Keterampilan membaca sangat penting di semua kalangan Pendidikan, karena Ketika seorang peserta didik atau mahasiswa tidak memiliki keterampilan membaca, maka akan terjadi ketertinggalan zaman yang diakibatkan ketidaktahuan membaca. Pembelajaran membaca memiliki peran penting dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semua pendidik berharap anak didiknya menguasai keterampilan membaca. Salah satunya adalah siswa dapat membaca dengan cepat untuk menemukan ide pokok.

References

Aulia Resti. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Paa Anak Tuna Rungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(2).

Cahyani Ica, (2009) Pembelajaran Bahasa Indonesia, (Jakarta: Direktorat pendidikan Islam Depag RI).

Darmabudi, (2018) Membaca Yuk, Strategi menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia dini, (Bogor: Guepedia Publisher 2018).

Chandra. et al. (2018) Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 2(1).

Johan., M.G., et al. (2018) Pengembangan Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Tunas Bangsa. 5(2).

Budi Rahman., et al. (2014) Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui media Flashcard Pada Siswa Kelas 1 SDN Bajayau tengah 2. 2(2).

Kusmayadi Ismail, Fathrah Hasanah, Kumpulan Soal Think Smart Bahasa Indonesia Untuk Kelas X SMA/MA, (Bandung: Grafindo Media Pratama, 2008).

Ratnawati, (2021). Demensia Sebagai Gangguan Berpikir Pada Gangguan Berbahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah. 7(1).

Syafi’ie, Terampil Berbahasa Indonesia I. (Jakarta: Depdiknas, 1993).

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Hilda Melani Purba, Humairo Sakinah Zainuri, Nadia Syafitri, & Rizky Ramadhani. (2023). ASPEK-ASPEK MEMBACA DAN PENGEMBANGAN DALAM KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS TINGGI. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 179–192. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025