Pengaruh Pengetahuan, Perspektif, dan Religuitas Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah

Authors

  • Diah Ayu Triramdhani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Agus Sujianto UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Adam Giovanni UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Luk Luk Ul Muyasaroh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i3.868

Keywords:

Bank Syariah, Minat Menabung, Pengetahuan, Perspektif, Religuitas

Abstract

Dilihat dari sisi kuantitas nasabah, total nasabah yang dimiliki perbankan syariah meningkat, namun demikian pangsa pasar perbankan syariah sebagai lembaga keuangan di Indonesia masih relatif kecil. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggali faktor-faktor yang mendorong  kecenderungan masyarakat untuk menabung di bank syariah. Kajian literatur dilakukan, dan data dikumpulkan melalui dokumentasi. Sesuai temuan, penelitian ini mengidentifikasi tiga faktor kunci: pengetahuan, persepsi, dan religiusitas, yang memainkan peran penting dalam mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung di bank syariah

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1).

Butt, I., Ahmad, N., Naveed, A., & Ahmed, Z. (2018). Determinants of low adoption of Islamic banking in Pakistan. Journal of Islamic Marketing, 9(3), 655–672. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2017-0002

Damayanti, S. (2016). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1).

Deliana, M., Poluan, N. A., & Hidayat, N. (2022). Knowledge Of Sharia Banking On The Interest In Saving Of The Community In Nangka Binjai Utara Village Viewed From Social Demography Aspect. Quantitative Economics Journal, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/qej.v11i2.41516

Faha, Y. M., Masruchin, M., & Latifah, F. N. (2022). The Influence of Religiosity and Customer Perception on Interest in Savings. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(1), 153–166. https://doi.org/10.31538/iijse.v5i1.1803

Fajar Sodik, M. Akrom Hidayat, Rikhadatun Abir Al Farda, & Raida Nadia Syahita. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 4(2), 123–143. https://doi.org/10.24239/jipsya.v4i2.132.123-143

Hariyanto, H., & Nafi’ah, B. (2022). Analysis of Factors Affecting on Saving Intention in Islamic Bank: The Case in Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 28. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4308

Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. BALANCE :Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815

Hasibuan, I. A. (2020). The Effect Of Religiousity On Saving Intention At Sharia Bank In Medan City. Journal Basic Science and Technology, 9(2), 71–78.

Ilfita, K., & Canggih, C. (2021). The Influence Of Sharia Financial Literacy, Religiosity, And Perception Of Saving Students’ Interest In Sharia Banks. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 3(2), 113–134. https://doi.org/10.31538/iijse.v3i2.1010

Imran, I., & Hendrawan, B. (2018). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal Of Applied Business Administration. JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION, 1(2), 209–218. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.621

Mangunwijaya, Y. . (1982). Agama dalam Kehidupan Manusia. Rainbow.

Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. A. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan Dan Religiusitas Terhadap Minat Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Prodi Perbankan Syariah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 10(1).

Otoritas Jasa Keuangan, O. (2021). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/

Otoritas Jasa Keuangan, O. (2022). Statistik Perbankan Syariah. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/

Parastika, P., Hartini, T., & Amri, U. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 177–187. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8609

Rakhmah, S. M. (2016). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan EKonomi, 10(1).

Rawi, J. D. N., Luthfiyanti, Y., & Widyaning, M. (2023). Pengaruh Theory Of Planned Behavior Terhadap Minat Menabung Mahasiswa UIN RMS Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Sakti, 12(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36272/jes.v12i1A.241

Saptasari, K., & Aji, H. M. (2020). Factors affecting Muslim non-customers to use Islamic bank: Religiosity, knowledge, and perceived quality. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 6(2), 165–180. https://doi.org/10.20885/jeki.vol6.iss2.art7

Soma, A. M., Primiana, I., Wiryono, S. K., & Febrian, E. (2017). Religiosity and Islamic Banking Product Decision: Survey on Employees of PT Telekomunikasi Indonesia. ETIKONOMI, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.15408/etk.v16i1.4379

Sulistiowati, S., Suwarsinah, H. K., & Simajuntak, M. (2023). The Factors Affecting Intention to Save at Indonesian Islamic Banks Using The Theory of Planned Behavior (TPB). Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.9.1.91

Sulistyono, M. A. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Promosi Dan Tingkat Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Pada Pt. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Kas FE Condongcatur Yogyakarta). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 1(1), 1–25.

Utamy, O. D. B., & Widhiastuti, R. (2020). The effect of Sharia bank knowledge, promotion, and facilities on savings decisions at Sharia banks with savings interest as mediation variables. Journal of Islamic Economics, Management, and Business (JIEMB), 1(1), 1–28. https://doi.org/10.21580/jiemb.2019.1.1.3986

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Diah Ayu Triramdhani, Agus Sujianto, Adam Giovanni, & Luk Luk Ul Muyasaroh. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Perspektif, dan Religuitas Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah . Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(3), 95–106. https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i3.868