Analisis Pengaruh Manajemen Mutu terhadap Kualitas Layanan dalam Transportasi Gojek

Authors

  • Pradnya Paramitha Universitas Negeri Jakarta
  • Elsha Angelita Universitas Negeri Jakarta
  • Matthew Natanael Riung Universitas Negeri Jakarta
  • Aura Salsabillah Dwi Clandestine Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58192/wawasan.v2i3.2206

Keywords:

Quality management, Service Quality, Gojek, Online transportation services

Abstract

This article explores the relationship between quality management and service quality at Gojek, a pioneer of online transportation services in Indonesia. Through a quantitative survey, data was collected from 35 Gojek users using an online questionnaire. The analysis results show a positive and significant correlation between quality management and Gojek's service quality. This is evidenced by the majority of respondents expressing their satisfaction with Gojek's services, especially in terms of ease and efficiency, driver friendliness and safety, and practical payment methods. Gojek's success in building a positive brand image and its commitment to meeting user needs also contribute to high service quality.

References

Docherty, I., Marsden, G., & Anable, J. (2018). The governance of smart mobility. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 115, 114–125. https://doi.org/10.1016/j.tra.2017.09.012

Hadi, W., Rahmayanti, H., Sahara, S., Ladesi, V. K., Purnomo, A., Aulia, F., & Rokhyani, D. (2022). Sosialisasi pemahaman blindspot pada kendaraan dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas bagi guru dan siswa SMP Negeri 1 Karang Bahagia, Desa Karang Bahagia, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga Belas Jilid 2).

Maulana, A. A., & Sahara, S. (2023). Penggunaan teknologi informasi dalam manajemen pelabuhan. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 75(2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn

Perencanaan Wilayah dan Kota, J., Dukung Layanan Angkot Berdasarkan Jarak Jangkauan, D., Wakari, V. V, Rogi, O. H., & Makarau, V. H. (2019). Masyarakat terhadap jalur trayek di Kota Manado. Jurnal Spasial, 6(3).

Sahara, S. (2021). Analisis tingkat kepuasan pelanggan dalam penerapan sistem boarding pass di gate keberangkatan terminal terpadu Pulo Gebang. Jurnal Logistik, 14, 44–56.

Sahara, S., & Azwar, S. A. (2020). Pelatihan keselamatan berkendara sepeda motor dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas bagi siswa SMK di Kota Bekasi. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 303–314. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.368

Sahara, S., & F. U. (2023). Peningkatan mutu transportasi umum demi kenyamanan dan keamanan pengguna. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 20(1).

Sahara, S., & Jesica Silitonga, R. (2022). Optimalisasi kegiatan trucking di PT. Jasa Prima Logistik Bulog. Jurnal Logistik, 15.

Sahara, S., & Tree, D. N. P. S. (2023). Analisis kinerja pelayanan fasilitas penumpang stasiun kereta api Manggarai berdasarkan standar pelayanan minimum dan importance performance analysis (IPA). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10.

Sahara, S., Ladesi, V. K., Hadi, W., & Verawati, K. (2021). Ramp check examination evaluation of public transport business. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(2), 022069. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/2/022069

Sahara, S., Mahendra, A., Widodo, S., & Pratama, R. A. (2023). Reputasi potret kualitas satisfaction kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta berimplikasikan kesinambungan masyarakat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 1(1).

Sahara, S., Saifana, N., Aqshal, G., Suryaningrat, R., Arifian, T. A., Yazid, M. I., & Maritim, L. (2023). Analisis kepuasan pelanggan terhadap layanan jasa pengiriman Sicepat Ekspress. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 14(2023), 524–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.8176845

Santika, E. (2024, January 23). Aplikasi transportasi online terbanyak diunduh di RI 2023, Gojek juaranya. Databoks.

Sasongko, R., & Penulis, K. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Inovasi Manajemen dan Teknologi, 3(1). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, pemodelan, & rekayasa transportasi: Teori, contoh soal, dan aplikasi. ITB.

Published

2024-06-14

How to Cite

Pradnya Paramitha, Elsha Angelita, Matthew Natanael Riung, & Aura Salsabillah Dwi Clandestine. (2024). Analisis Pengaruh Manajemen Mutu terhadap Kualitas Layanan dalam Transportasi Gojek. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(3), 68–79. https://doi.org/10.58192/wawasan.v2i3.2206