ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA SHORTAGE CARGO PADA KEGIATAN TRANSSHIPMENT BATU BARA DI VESSEL PADA PT.SEDAYU MAKMUR ABADI

Authors

  • Yuli susanto UNIMAR AMNI SEMARANG
  • Dedy Rusmiyanto UNIMAR AMNI SEMARANG
  • Kalmah UNIMAR AMNI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.58192/unitech.v2i1.671

Abstract

Transshipment adalah salah satu metode distribusi dimana batu bara  dikirim dari satu moda transportasi ke moda transportasi lainnya diatas perairan untuk sampai ke tujuan akhir pengiriman. Berdasarkan kondisi dilapangan, salah satu kendala yang paling sering terjadi pada adalah adanya perbedaan jumlah batu bara yang diangkut pada proses transshipment dibandingkan sebelum dilakukan transshipment. Perbedaan ini cenderung mengarah pada pengurangan jumlah batu bara  (deadfreight) yang disebut shortage cargo. Berbagai upaya telah dilakukan oleh PT.  Sedayu Makmur Abadi untuk menghindari shortage cargo, namun upaya tersebut masih belum maksimal karena belum diketahui faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya shortage cargo pada transshipment batu bara  di PT. Sedayu Makmur Abadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui factor tersebut melalui pengujian menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan program SPSS. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Draught survey, Tumpahan Cargo/ Cargo losses dan Hydrostatic tabel barge.  Hasil yang diperoleh menunjukkan nbahwa ketiga variable secara parsial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap shortage cargo. Variable  draft survey, tumpahan cargo dan hydrostatic tabel barge secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 46,9% terhadap shortage cargo sedangkan sisanya sebesar 53,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

References

Fadilah, Muhammad Herryangga. 2020. “Analisa Penyebab Deadfreight Claim Dalam Dari Jetty Sampai Anchorage Point Di Taboneo.” Prosiding Ketatalaksanaan Angkutan Laut, Volume 9 – 2020 9.

Kris H Timotius (2017). Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan Penerbit Andi

Mika Patayang, Abner Simanjuntak, Arditiya, dan Imam Soekarno. 2016. “Penyebab Terjadinya Short Cargo Pada Proses Transshipment Batu Bara Di Mv Pan Kyla Pada Pt Pelayaran Eka Ivanajasa Cabang Samarinda” 10 (1): 44–50.

Mardjuki, Bondan Achmadi. 2015. Principle of Draught Survey. House Training PT Sucofindo Banjarmasin

Nugraha, Fikri Adi. 2020. “Penerapan System Commissioning Pada transshipment batu bara ” Program Studi Diploma IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut

Samsul Huda, Andri Yulianto, dan Taufik Qur Romadhon. 2017. “Pengoperasian Cargo Control Room Untuk Shortage cargo Pada Kapal Mt. Ketaling.” Dinamika Bahari 8 (1): 1855–66. https://doi.org/10.46484/db.v8i1.62.

Utama, Septa Candra. 2021. “Keterlambatan Pemuatan Batu Bara Dengan Sistem Blending Cargo Pada Mv . Laconic Di Muara Berau Anchorage Program Studi Diploma Iv Tata Laksana.”

Yusuf, Muhammad, Agus Triantoro, dan Riswan Riswan. 2019. “Evaluasi Draught Survey Batu bara Di Atas Tongkang Dan Vessel Pt Adaro Indonesia Site Kelanis.” Jurnal Himasapta 4 (01): 29–34. https://doi.org/10.20527/jhs.v4i01.476.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Yuli susanto, Dedy Rusmiyanto, & Kalmah. (2023). ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA SHORTAGE CARGO PADA KEGIATAN TRANSSHIPMENT BATU BARA DI VESSEL PADA PT.SEDAYU MAKMUR ABADI. Jurnal Universal Technic, 2(1), 42–50. https://doi.org/10.58192/unitech.v2i1.671