Pembentukan Dan Analisis District Meter Area Dalam Perencanaan Jaringan Perpipaan Di Kecamatan Sukowono

Authors

  • Adhisa Neela Noor Safira Universitas Jember
  • Ririn Endah Badriani Universitas Jember
  • Abdur Rohman Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.58192/unitech.v2i1.623

Keywords:

air minum, distribusi, District Meter Area (DMA), jaringan perpipaan, Kecamatan Sukowono

Abstract

Kebutuhan air bersih yang terus meningkat dan cakupan pelayanan yang kurang tersebar ke berbagai daerah di Kabupaten Jember menjadi latar belakang adanya perencanaan ini. Kecamatan Sukowono masih belum terlayani ada jaringan perpipaan dari PDAM. Perencanaan ini bertujuan untuk merencanakan sistem distribusi air minum di Kecamatan Sukowono pada 5 Desa Prioritas. Fokus penelitian ini adalah terhadap pembentukan District Meter Area (DMA) di Desa Sukowono karena kepadatan penduduk yang tinggi. DMA dipilih dikarenakan sudah efektif dan terbukti dalam mengoptimalkan jaringan yang kecil terjadi kebocoran air. Hasil perencanaan penelitian ini berupa jaringan perpipaan SPAM dengan sumber air gayam debit 75 l/detik menggunakan sistem bercabang, pengaliran secara pompa pada elevasi tinggi dan gravitasi pada elevasi rendah, peta pembagian blok pelayanan dan DMA serta hasil analisis hidrolis menggunakan EPANET. Dari hasil,analisis. EPANET diperoleh tekanan terendah 14.76, tekanan tertinggi yaitu 69,18 m. Pada jam puncak tekanan terendah yaitu 11,43 m dan tekanan tertinggi pada 62,58 m. Kecepatan terendah yaitu 0,30 m/s dan tertinggi 0,71 m/s.  Sedangkan untuk kecepatan pada jam puncak terendah 0,58 m/s dan tertinggi 1,37 m/s. Pompa yang digunakan yaitu jenis submersible tipe inline single stage pumps. Pipa dalam perencanaan ini menggunakan rucika black dengan diameter terkecil 32 mm dan terbesar 500 mm.

References

Alshomali, I. S. (2020). A Note on SDG 6 – Clean Water and Sanitation for All. February, 6–10.

Department of Economic and Social Affairs- UN. (2015). Clean Water and Sanitation : Why-it-Matters_Goal-9_Industry. New York.

Farley, M., Wyeth, G., Ghazali, Z. B. M., Istandar, A., & Singh, S. (2008). Buku Pegangan tentang Air Tak Berekening (NRW) untuk Manajer: Panduan untuk Memahami Kehilangan Air.

Pekerjaan Umum (Public Works). (2007). Penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Adhisa Neela Noor Safira, Ririn Endah Badriani, & Abdur Rohman. (2023). Pembentukan Dan Analisis District Meter Area Dalam Perencanaan Jaringan Perpipaan Di Kecamatan Sukowono. Jurnal Universal Technic, 2(1), 19–32. https://doi.org/10.58192/unitech.v2i1.623