Peranan Room Attendant Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Tamu Di The Alana Hotel & Convention Center Solo

Authors

  • Andika Victori Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sugiman Sugiman Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.566

Keywords:

Kepuasan Tamu, Peran, Room Attendant.

Abstract

Room Attendant adalah jabatan di dalam departemen housekeeping yang bertugas untuk membersihkan kamar dan memperhatikan kerapian dan kelengkapan kamar sebelum digunakan oleh tamu hotel. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran Room Attendant dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu di The Alana Hotel & Convention Center Solo. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sampel yang digunakan adalah 5 staf dan 5 tamu dan dianalisis menggunakan teknik triangulasi data. Data yang diperoleh menyatakan bahwa peran petugas kamar yang meliputi peran, peningkatan pelayanan serta kendala & solusi sudah baik, dibuktikan dengan wawancara bahwa sebagian besar tamu merasa puas. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran Room Attendant di The Alana Hotel & Convention Center Solo sudah cukup baik meliputi peran, peningkatan pelayanan, serta kendala & solusi.

 

References

Ahyar dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Danial, E. dan N. W. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Daniel, M. (2002). Metode Penelitian Sosial Ekonomi (cet 3).

Indriantoro dan Supomo. (2009). Metode Penelitan. PT Gramedia.

James L. Gipson, John M. Ivancevich, James H. Donnely, J. (1994). Organisasi dan manajemen : perilaku, struktur, proses (Ed. 4, Cet). Erlangga. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=483379# https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=671721

Kotler,Amstrong.2008.Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jakarta.Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (12 Jilid 2). PT Indeks.

K, R. N. (2002). Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Bumi Aksara.

Moleong,Lexy,2007.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:Remaja Karya

Nasution. (2003a). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.

Nasution. (2003b). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.

Nasution. (2003c). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.

Ratna, N. K. (2004). Teori, metode dan teknik penelitan sastra : dari strukturalisme hingga postrukturalisme perspektif wacana naratif / Nyoman Kutha Ratna. Pustaka Pelajar.

Rijali Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,RnD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono,2011,Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif,Kuantitatif dan ;R&D,Bandung ;Alfabetha

Sugiyono,2013,Metodologi Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D ,Bandung;Alfabetha

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soerjono Soekanto. (2002). Teori Peranan (Soerjono Soekanto (ed.); Bumi Aksar).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (p. 329). Alfabeta.

Tjiptono,Fandy,2005.Pemasaran Jasa.Malang:Bayu Media

Tjiptono,(2012)Se.Goteservice Management.Yogyakarta:Andy Offset

Widiawati Kristiana, Santoso Nurul Eka. 2021. Implementasi Pelayanan Prima Room attendant Pada PT Citra Heavy Industries. Jurnal Sekretari dan Jakarta Administrasi Serasi, Vol. 19, No. 1.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Andika Victori, & Sugiman Sugiman. (2023). Peranan Room Attendant Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Tamu Di The Alana Hotel & Convention Center Solo. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), 209–226. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.566