Pengaruh Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus DI SMA Takhassus Al- Qur’an

Authors

  • Mohamad Fatkhurohman SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo
  • Robingun Suyud El Syam Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.547

Keywords:

UKBM, HOTS, Straight Motion Material

Abstract

Hasil kegiatan penilaian pada materi gerak lurus peserta didik kelas MIPA 5 semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 nampak bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal yang termasuk pada ranah berpikir C-4. Hal ini mencerminkan bahwa kemampuan peserta didik dalam hal keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu ditingkatkan. Mengacu keadaan tersebut penulis terdorong untuk mengadakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mengetahui sejauh mana penggunaan unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) memberikan pengaruh pada keterampilan berpikir tingkat tinggi/ higher order thinking skill (HOTS) peserta didik pada materi gerak lurus. Dengan subyek penelitian peserta didik kelas MIPA 5 semester 1 SMA Takhassus Al-Qur’an tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 33 peserta didik. Penilaian diberikan pada setiap akhir siklus untuk mengukur sejauh mana keberhasilan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal tingkat tinggi. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada prasiklus, peserta didik yang mampu menyelesaikan soal-soal kategori HOTS adalah 13 peserta didik dari 33 peserta didik atau 39,39 %. Pada siklus I, peserta didik yang mampu menyelesaikan soal-soal kategori HOTS meningkat menjadi 22 peserta didik dari 33 peserta didik atau 67,7 %. Pada siklus II, peserta didik yang mampu menyelesaikan soal-soal kategori HOTS meningkat menjadi 30 peserta didik dari 33 peserta didik atau 91 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan UKBM dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik sehingga peserta didik mampu menyelesaikan soal-soal yang menggunakan ranah berpikir C-4, C-5 dan C-6 pada taksonomi Bloom versi penyempurnaan Anderson & Krathwohl.

 

 

References

Afifah, N., & Dwikoranto, D. (2021). Validitas Unit Kegiatan Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 305–313. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.352

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan SMA. (2018). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018.

Glasner, D. (2018). The Fisher Effect and the Financial Crisis of 2008. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3247795

González, R. P. L., Arroyo, G. C., & Serrano, E. L. (2021). Study and evaluation of the design of the learning activities of the MOOC Coleccion de Aprendizajes Clave. Revista de Educación a Distancia, 67(21), 1–24. https://doi.org/10.6018/RED.478311

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusun e-Modul Pembelajaran. In Kemendikbud.

Khoimatun, K., & Wilsa, A. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1603

Presiden Republik Indonesia. (2015). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. In Pemerintah Republik Indonesia.

PSMA, D. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sadiyah, L., & Utami, S. (2021). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Teks Anekdot Berbasis Higer Order Thinking and Skill (HOTS) untuk SMA. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i1.547

Salma. (2021). Pengertian Subjek Penelitian: Ciri, Fungsi dan Contohnya. Penerbitdeepublish.Com.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Valentina Sentia, D. I. (2019). Implementasi Pembelajaran PPKn Berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pada Peserta didik Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen, 3, 350–358.

Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Pendidikan Sains Terintegarase Keterkaitan Konsep Ikatan Kimia Dengan Berbagai Bidang Ilmu. Widya Accarya, 10(2), 1–16.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Mohamad Fatkhurohman, & Robingun Suyud El Syam. (2023). Pengaruh Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus DI SMA Takhassus Al- Qur’an. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 106–122. https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.547